Share

Bulan Ramadan, Penumpang Boleh Buka Puasa di KRL

Bachtiar Rojab, MNC Media · Minggu 03 April 2022 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 03 337 2572450 bulan-ramadan-penumpang-boleh-buka-puasa-di-krl-di9XGfaRiQ.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter memiliki kebijakan tersendiri terkait penumpang kereta. Salah satunya adalah larangan terkait makan di minum selama di perjalanan.

Namun, memasuki bulan suci Ramadan, KAI nampaknya merubah kebijakan tersebut menjadi lebih longgar. Termasuk kebijakan yang berhubungan dengan peribadatan saat puasa.

"KAI Commuter memberlakukan aturan khusus kepada pengguna saat waktu buka puasa di dalam perjalanan KRL," VP ujar Corporate Secretary Anne Purba dalam catatan pers, Minggu (3/4/2022).

 BACA JUGA:Kapolda Metro Perintahkan Anak Buahnya Cegah Kriminalitas saat Ramadan

Anne mengatakan, selama jalannya bulan suci Ramadan, petugas KRL akan menginformasikan terkait waktu pada saat berbuka puasa. Serta, mengizinkan masyarakat untuk berbuka.

"KAI Commuter juga memperbolehkan para pengguna untuk membatalkan puasanya hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa saat berada di dalam perjalanan KRL," katanya.

 BACA JUGA:Ciptakan Kamtibmas di Bulan Ramadan, Polda Sumsel Optimalkan Patroli pada Dini Hari

Kendati demikian, Anne tetap menekankan terkait protokol kesehatan. Termasuk, kebersihan dan ketertiban. Karena seperti diketahui, mereka yang berbuka puasa tentunya akan meninggalkan sisa-sisa makanan.

"KAI Commuter mengajak para pengguna saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga protokol kesehatan serta menjaga kebersihan dan kenyamanan dengan tidak membuang sampah sembarangan," jelasnya.

Adapun aturan saat berbuka di kereta, Anne mengimbau, agar masyarakat hanya berbuka dengan makanan maupun minuman ringan secukupnya. Setelah, itu menggunakan masker kembali.

"Gunakan kembali masker dengan benar setelah selesai berbuka puasa. Kami imbau saat membatalkan puasa dengan minuman dan makanan ringan secukupnya," tuturnya.

Seperti diketahui, Pemberlakuan kapasitas kuota pengguna kursi penumpang sebanyak 60% sesuai dengan aturan dari Pemerintah yeng tengah diberlakukan.

Penyekatan di stasiun, pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak aman sesama pengguna saat duduk di dalam KRL maupun saat berdiri, wajib menggunakan masker sesuai ketentuan juga masih diberlakukan di bulan puasa ini.

Selebihnya, Informasi kepadatan di stasiun, posisi real time kereta, dan jadwal kereta pengguna dapat melihat melalui aplikasi KRL Access.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini