Share

Dukung Propam, DPR Akui Perlu Langkah Konkret Cegah Konflik TNI-Polri

Kiswondari, Sindonews · Jum'at 01 April 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 337 2571709 dukung-propam-dpr-akui-perlu-langkah-konkret-cegah-konflik-tni-polri-dCsXXUSLHM.jpg Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni (Foto: Kiswondari)

JAKARTA - Komisi III DPR mendukung Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo yang mengusulkan perlunya penelitian bersama untuk mengetahui serta mengungkap penyebab bentrokan yang kerap terjadi antara anggota TNI-Polri. Di mana, perlu adanya strategi pencegahan berupa gabungan pendidikan dasar dan latihan tempur agar bentrokan ini tidak terulang kembali. 

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, memang diperlukan langkah-langkah konkret dan terukur demi menciptakan hubungan harmonis antara aparat TNI-Polri. 

“Tak bisa dipungkiri, memang kerap kali aparat kita mengalami konflik saat bertugas di lapangan, ya selama ini diperkirakan terjadi karena masalah kesalahpahaman atau ketersinggungan saja. Namun, persoalan itu faktanya masih terus terjadi. Karenanya saya sangat mendukung penuh usulan Pak Sambo untuk mengadakan penelitian, dan dicari akar masalahnya apa sih terkait bentrokan ini? Agar kita tahu tindak lanjut seperti apa yang tepat terkait persoalan itu,” kata Sahroni kepada wartawan, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: Ketua BURT DPR Minta Anggaran Gorden Rp48,7 Miliar Ditinjau Ulang

Jika dilakukan penelitian yang terarah dan terukur, politikus Partai Nasdem ini mengharapkan agar pihak kepolisian dan TNI bisa menemukan solusi jangka panjang untuk menghindari munculnya potensi-potensi konflik berkepanjangan.

“Selain penelitian, Pak Sambo juga mengusulkan adanya strategi berupa gabungan pendidikan dasar dan latihan tempur. Menurut saya, itu menarik sekali, patut dipertimbangkan. Karena itu bagian dari usaha pencegahan dalam mengurangi adanya kemungkinan konflik atau bentrok kembali terjadi,” harapnya.

Dengan demikian, Sahroni menambahkan, kepercayaan masyarakat terhadap aparat TNI dan Polri kian tinggi. “Dengan begitu tentu kepercayaan masyarakat atas kinerja para aparat kita juga akan meningkat,” tandas legislator asal Tanjung Priok ini.

Baca Juga: Kahar Muzakir Gagal Dilantik Jadi Pimpinan Komisi XI DPR Hari Ini, Kenapa?

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini