Share

Jokowi dan PM Ismail Sabri Sholat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana Negara

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 01 April 2022 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 337 2571664 jokowi-dan-pm-ismail-sabri-sholat-jumat-di-masjid-baiturrahim-istana-negara-WB1ZYEBKuw.jpg Presiden Jokowi dan PM Malaysia Sholat Jumat (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri bin Yaakob menunaikan salat Jumat berjamaah di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 1 April 2022, selepas kedua pemimpin menyampaikan pernyataan pers bersama di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Sejumlah penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dalam pelaksanaan salat Jumat ini, antara lain seluruh jemaah memakai masker dan pengaturan jarak aman antarjemaah.

Pada kesempatan tersebut, Dr. H. Muhammad Ramli Massenge bertindak selaku imam. Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal, K.H. Nasaruddin Umar, bertindak selaku khatib.

Dalam khotbahnya yang bertema "Ketaatan terhadap Hukum Takwini dan Hukum Tasyri'i", khatib menyampaikan bahwa sebagai khalifah, maka manusia harus mengemban dua tanggung jawab yaitu kapasitasnya sebagai hamba dan sebagai khalifah. Untuk itu, manusia merupakan satu-satunya makhluk yang tunduk pada dua hukum, yaitu hukum takwini dan hukum tasyri'i.

"Alam semesta hanya tunduk kepada satu hukum yaitu hukum alam atau hukum takwini. Manusia, selain tunduk kepada hukum alam, harus tunduk juga pada hukum tasyri'i atau hukum ekstra yang hanya ditujukan kepada manusia, yaitu hukum yang membantu menusia untuk mencapai martabat utama dalam suasana harmonis antara sesama manusia dan alam semesta," ujar khatib.

Baca juga: Jokowi Teken MoU Perlindungan PMI dengan PM Malaysia

Selepas ibadah salat Jumat, rangkaian penyambutan kedatangan PM Malaysia akan diakhiri dengan jamuan santap siang di Istana Negara. PM Ismail Sabri sendiri akan kembali menuju Malaysia pada esok harinya.

Baca juga: Jokowi Minta Ajang Seni di Borobudur Rutin Digelar demi Dongkrak Kunjungan Wisatawan

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini