Share

Podcast Aksi Nyata: Pemilu 2024 Kontestasi Popularitas

Bachtiar Rojab, MNC Media · Kamis 31 Maret 2022 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 337 2571176 podcast-aksi-nyata-pemilu-2024-kontestasi-popularitas-2b1XIBdnwq.JPG Ketua DPP Partai Perindo Bidangg Hukum dan Advokasi Cristophorus Taufik (Foto; MPI)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan Advokasi, Christophorus Taufik menilai, pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia layaknya ajang popularitas. Hal tersebut berkaca pada saat Ia mengikuti pemilihan Calon Legislatif (Caleg) pada tahun 2019.

Christophorus mengatakan, banyak orang yang memiliki kualitas tapi tidak bisa menunjukan taringnya pada kontestasi pemilu. Hal itu, karena tidak ada popularitas yang melekat pada dirinya.

"Jadi orang-orang yang berkualitas, tetapi dia tidak punya popularitas, hasilnya tidak ada jalan untuk muncul, coba, di mana chanelnya, kalau dia gak populer?" ujar Christophorus dalam Podcast Aksi Nyata, Kamis (31/3/2022).

Lanjutnya, hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Menurut Christophorus mereka yang memiliki popularitas tinggi tapi tidak senada dengan kapabilitas kerap kali terpilih dalam ajang pemilu.

"Tetapi sebaliknya orang-orang yang punya popularitas tetapi dia tidak punya kapabilitas bisa saja dia kepilih. Kenyataannya seperti itu," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Christophorus menyayangkan, hal tersebut membuat talenta-talenta layaknya Profesor atau tokoh-tokoh daerah menjadi terabaikan akibat dinamika politik tersebut.

"Kita mungkin punya Profesor siapa, atau tokoh-tokoh hebat, orang-orang seperti ini kan tidak bisa muncul kalau kita lihat kontestasi seperti sekarang," tutur Christophorus.

Christophorus menambahkan, dinamika tersebut membuat dia menyetujui adanya dugaan pengamat lain yang mengatakan jika harus membereskan korupsi perlu dibereskan terlebih dahulu sistem politiknya.

"Makannya saya bisa memahami kenapa kita ada sebagian institusi yang mengatakan kalau harus membereskan korupsi itu harus dari sistem politik," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini