Share

Tak Hanya Danjen Kopassus, Andika Perkasa Juga Mutasi Ratusan Jenderal TNI

Muhammad Farhan, MNC Portal · Rabu 30 Maret 2022 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 337 2570445 tak-hanya-danjen-kopassus-andika-perkasa-juga-mutasi-ratusan-jenderal-tni-p1uTFWKUyP.jpg Jenderal Andika Perkasa/ kanal youtube panglima tni

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi kepada 113 perwira tinggi (Pati). Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI, pada 25 Maret 2022.

 (Baca juga: Perombakan Besar-besaran di Korps Baret Merah, Danjen Kopassus hingga Komandan Gultor Dimutasi)

Rotasi ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Setelah pergantian Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) dari Mayjen Widi Prasetijono menjadi Brigjen Iwan Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Latihan Kepala Staf Angkatan Darat (Waaslat KSAD) bidang Kerja Sama Militer (Kermamil).

(Baca juga: Sidak Rumah Pasukan Tank Kijang Sakti, Reaksi Jenderal Andika Mengejutkan)

Saat ini Mayjen Widi Prasetijono dipromosikan menjadi menjadi Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro menggantikan Mayjen Rudianto yang juga diangkat menjadi Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad).

Selain ketiganya, berdasarkan keterangan yang tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/271/III/2022 terdapat sejumlah Pati yang kini menempati posisi penting. Seperti pemangku jabatan Irjenad sebelum Mayjen Rudianto, yaitu Letjen R Wisnoe Prasetja Boedi yang kini ditarik menjadi perwira tinggi Mabes TNI AD sebelum memasuki masa pensiun.

Kemudian Surat Keputusan Panglima yang ditandatangani dan berstempel Kepala Sekretariat Umum Brigjen Edy Rochmatullah pada 25 Maret 2022 itu juga menjelaskan Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Marsekal Madya Wieko Syofyan ditarik menjadi perwira tinggi Mabes TNI AU karena dalam rangka pensiun. Maka pengganti Marsekal Madya Wieko Syofyan adalah Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah yang sebelumnya menjabat sebagai tenaga ahli pengkaji bidang politik Lemhannas.

Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal Andika juga menarik Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Brigjen Junior Tumilar untuk diangkat sebagai perwira tinggi Mabes TNI AD guna memenuhi masa pensiun.

Oleh karenanya jabatan Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) kini diisi oleh Brigjen Erwin Herviana yang dahulu menjabat sebagai Assisten Deputi (Asdep) Koordinator kesadaran Bela Negara Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

Situasi pergeseran jabatan 113 Pati tersebut ini diamini oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna kepada MNC Portal.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Terkait mutasi jabatan Pati (Perwira Tinggi) di Lingkungan TNI AD termasuk diataranya Danjen Kopassus, memang benar adanya," kata Brigjen Tatang menegaskan.

Brigjen Tatang juga menyampaikan proses mutasi tersebut sebagai bagian regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI AD.

"Hal tersebut merupakan hal wajar karena diperlukan regenerasi dan pola pembinaan karier Prajurit TNI AD," ujar Brigjen Tatang melalui pesan singkat.

Brigjen Tatang menyampaikan meski mutasi jabatan sudah ditetapkan, tetapi belum ada prosesi serah terima jabatan (sertijab).

"Release terkait akan kami sampaikan setelah pelaksanaan sertijab," tutur Brigjen Tatang menambahkan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini