Share

Panen Pisang di Ponorogo, Wapres: Tinggal di Desa tapi Rezeki Kota

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 30 Maret 2022 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 337 2570268 panen-pisang-di-ponorogo-wapres-tinggal-di-desa-tapi-rezeki-kota-t7UsAGAamk.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin panen pisang di Ponorogo (Foto : Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menghadiri panen perdana pisang cavendish dalam rangka program pengembangan hortikultura berorientasi ekspor di Desa Pulung, Kabupaten Ponorogo, Rabu (30/3/2022).

Pada kesempatan itu, Wapres mengatakan bahwa Tanah Air dianugerahi dengan sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya adalah keanekaragaman genetik pisang. Pisang adalah buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Memiliki cita rasa yang beragam, harganya terjangkau, dan mudah diolah menjadi produk yang bernilai komersial.

“Besarnya pangsa ekspor buah-buahan dunia khususnya komoditas pisang ini menjadi peluang bagi Indonesia. Untuk itu, kita perlu terus meningkatkan produksi, baik dari segi kuantitas, kontinuitas, maupun juga kualitas,” kata Wapres dalam keterangannya.

Wapres pun mengucapkan selamat atas buah manis dari penanaman pisang Cavendish di Desa Pulung ini. “Dan saya harap areal tanam bisa semakin meluas mengikuti jejak keberhasilan program serupa di Tanggamus, Lampung, yang sudah berkembang,” katanya.

Dengan pengembangan hortikultura yang berorientasi ekspor ini, Wapres berharap akan menghindari terjadinya urbanisasi. Pasalnya, di desa pun bisa menghasilkan rezeki seperti di kota.

“Jadi, ini saya kira menjadi program pemerintah sekaligus juga untuk menghindarkan terjadinya perpindahan masyarakat urbanisasi ke kota-kota, menghindari urbanisasi. Tetapi memang desa juga harus menarik. Istilah yang sering diucapkan orang, tinggal di desa, rezekinya rezeki kota, kemudian bisnisnya bisnis mendunia,” kata Wapres.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

“Nah, ini sekarang juga melalui pisang cavendish. Dia tinggal di desa, tapi rezekinya rezeki kota, dia berjualan sampai ke Singapura, ke Timur Tengah, ke Cina, dan lain sebagainya. Ini saya kira pemberdayaan masyarakat desa, ini menjadi suatu prioritas untuk menyejahterakan masyarakat kita,” tambahnya.

Wapres pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu petani di Desa Pulung, serta mitra perbankan atas bantuan akses pendanaan bagi usaha pertanian. “Menutup sambutan ini, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Panen Perdana Pisang Cavendish dimulai,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini