Share

Waketum MUI Dukung Acara Buka Bersama hingga Itikaf di Bulan Ramadan

Widya Michella, MNC Media · Rabu 30 Maret 2022 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 337 2570136 waketum-mui-dukung-acara-buka-bersama-hingga-itikaf-di-bulan-ramadan-IngthLQo7J.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas mendukung pelaksanaan buka puasa bersama hingga itikaf di masjid pada bulan ramadan di masa pandemi. Hal ini sebagai respons atas diperbolehkannya pelaksanaan aktivitas keagamaan secara massal oleh pemerintah.

"Saya sangat setuju dengan imbauan Kementerian Agama tersebut silakan. Tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada untuk berjaga-jaga dan waspada,"kata Anwar saat dihubungi MNC Portal, Selasa,(29/03/2022).

Menurutnya pelaksanaan buka puasa hingga itikaf dengan menerapkan prokes sendiri bukanlah kemauan Pemerintah. Melainkan petunjuk dan nasehat dari para ahli di bidang kesehatan yang dikonversikan menjadi kebijakan oleh pemerintah.

"Anjuran dari Kementerian Agama itu ada dasar-dasar saintifiknya. Bagi saya mematuhi syarat daripada pada ahli yang akhirnya dijadikan dasar oleh pemerintah itu merupakan hal yang sangat penting karena itu substansi untuk kebaikan bersama," ucapnya.

Dengan demikian buka puasa hingga itikaf, lanjutnya tetap dapat berlanjut dengan lancar dan aman. "Cuma ketika pada saat diselenggarakan, kita tetap berhati-hati dan waspada karena situasinya belum begitu terjamin dari virus covid-19,"kata dia.

Terakhir Anwar mengimbau agar semua umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi bulan ramadhan. Sebab bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah.

"Sehingga bulan ramadhan jangan disia-siakan karena hidup ini tidak hanya berhenti di sini dan akan berlanjut ke alam akhirat. Agar kita menjadi orang beruntung di akhir harus mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan membuat kebaikan," tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) memberikan kelonggaran aktivitas masyarakat di bulan Ramadhan. Warga boleh menggelar buka puasa bersama hingga itikaf di masjid asalkan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Untuk ibadah Ramadhan tarawih, tadarus, juga ibadah-ibadah lainnya termasuk itikaf kami dari kementerian agama mengimbau kepada masyarakat untuk tetap senantiasa menjaga protokol kesehatan," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag dalam diskusi FMB9 yang disiarkan secara daring, Senin, 28 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini