Share

Mahfud MD Singgung Bakamla Bakal Berwenang Lakukan Penyidikan

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 30 Maret 2022 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 337 2570038 mahfud-md-singgung-bakamla-bakal-berwenang-lakukan-penyidikan-w4aHuRwzTT.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Kemenko Polhukam)

JAKARTA - Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan soal harapan pemerintah agar Badan Keamanan Laut (Bakamla) dapat menjalin sinergitas yang baik dengan memiliki fungsi penyidikan.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Sosialisasi Peraturan. Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia pada Selasa (29/3/2022).

Mahfud MD menjelaskan dalam penyelenggaraan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, untuk jangka pendek diatur dalam Peraturan Pemerintah.

"Untuk jangka panjang akan diatur dalam bentuk UU dengan melakukan Revisi UU Kelautan secara terbatas atau UU Omnibus Law di bidang kelautan, yang mengatur Bakamla sebagai Coast Guard sekaligus memberikan kewenangan penyidikan," ujar Mahfud MD.

Ia menyebutkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan arahan bahwa Badan Keamanan Laut nantinya menjadi embrio Coast Guard Indonesia dan menekankan pada kepentingan nasional agar kewenangan dari masing-masing Kementerian/Lembaga dapat terkoordinasi dan bersinergi dengan baik.

Pada 11 Maret 2022 lalu, Pemerintah telah menetapkan dan mengundangkan Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Peraturan Pemerintah disebutkan Mahfud MD tidak mengurangi kewenangan kementerian/lembaga namun mengatur mengenai tata laksana penyelenggaraan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di laut.

"Sehingga dapat meningkatkan sinergitas antar kementerian/lembaga, efektifitas patroli, efisiensi anggaran dan sumber daya serta meningkatkan jaminan keamanan nasional di laut," jelas Mahfud MD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini