Share

Viral Penumpukan PPLN di Bandara Soekarno-Hatta, Satgas Evaluasi

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 29 Maret 2022 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 337 2569930 viral-penumpukan-ppln-di-bandara-soekarno-hatta-satgas-evaluasi-gqh6cnaIaR.jpeg Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (BNPB)

JAKARTA - Viral penumpukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang mengantre tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta, beberapa waktu lalu. Dikabarkan PPLN kian membludak seiring tidak diwajibkan yang lagi karantina.

Merespons hal ini, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, pihaknya Satgas telah melakukan evaluasi.

“Pemerintah telah melakukan evaluasi terhadap temuan di lapangan tersebut dengan segera melakukan koordinasi dengan lintas kementerian dan lembaga,” ujar Wiku saat konferensi pers secara virtual, Selasa (29/3/2022).

Ia menjelaskan, pemerintah sepakat ke depannya membuat mekanisme kedatangan yang efektif. “Agar mobilisasi pelaku perjalanan tetap aman dan nyaman dengan memodifikasi waktu kedatangan dan terminal tujuan khususnya di Terminal Soekarno-Hatta,” katanya.

Selain itu, Wiku menegaskan, pihaknya akan menambah fasilitas PCR di pintu kedatangan yang diawasi langsung oleh Satgas Covid-19 pusat dan menyediakan counter untuk memudahkan sistem pembayaran PCR di tempat.

“Selain itu pemerintah juga memberikan opsi lokasi lain untuk testing demi meminimalkan kerumunan misalnya pekerja migran di RSDC atau PPLN lainnya di hotel tujuan menetapnya,” ujar Wiku.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini