Share

Turunkan Kemiskinan, Jokowi Minta Perputaran Uang di Desa Berjalan Baik

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 29 Maret 2022 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 337 2569844 turunkan-kemiskinan-jokowi-minta-perputaran-uang-di-desa-berjalan-baik-ePlf7BTuug.jpg Presiden Jokowi (tangkapan layar Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah desa seluruh Indonesia agar membeli dan mempergunakan seluruh perlengkapan dari desa masing-masing. Hal tersebut untuk menumbuhkan ekonomi desa tersebut.

Jokowi mewanti-wanti agar dana yang dipergunakan pemerintah desa agar tidak beralih ke kota.

"Mau beli semen ada di desa beli di desa, mau beli batu bata ada di desa beli di desa kita sendiri. Supaya apa, uang itu berputar terus di desa kita. Paling jauh di kecamatan kita. Jangan sampai uang itu kembali ke kota apalagi kembali ke Jakarta. Hati-hati kembali lagi ke sini, hati-hati berarti pertumbuhan ekonomi secara terus-menerus dan berkelanjutan itu akan juga kembalinya ke pusat lagi," ujar Jokowi dalam sambutannya di silaturahmi nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Selasa (29/3/2022).

Selain itu, bagi masyarakat desa agar memanfaatkan hasil ternak dan kebunnya untuk melengkapi gizi keluarga terutama anak-anak.

"Usahakan ini penting sekali beli apa-apa semuanya dari desa kita, apapun, mau beli telur untuk misalnya tambahan gizi untuk anak tidak perlulah harus ke kota cari mungkin terpaut harganya, terpaut tapi tetep beli di desa kita karena nanti uangnya berputar di situ terus," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, jika perputaran ekonomi berjalan baik di desa, akan menurunkan angka kemiskinan di desa tersebut.

"Sudah kelihatan coba dilihat kurvanya udah turun turun, turun, turun, turun, turun terus. Kita harapkan ini kalau nggak pandemi sebetulnya sudah agak tajam tapi karena ada pandemi naik sedikit lagi. Ini yang kita harapkan kenapa pembangunan itu dimulai dari desa," ucapnya.

"Jangan ada yang menyangsikan betapa sangat bermanfaatnya dana desa yang telah kita kucurkan ke desa-desa. dan itu sekali lagi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di desa, mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini