Share

4 Negara Paling Lama Dijajah, Indonesia Sejak Tahun 1512

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 30 Maret 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 337 2569768 4-negara-paling-lama-dijajah-indonesia-sejak-tahun-1512-J8VUGQgUh1.jpeg Ilustrasi kapal VOC. (Foto: Wikipedia)

KETIKA masa kolonialisme, bangsa Eropa memiliki semboyan 3G yang berupa Gold, Glory, Gospel. Gold berarti mencari kekayaan, Glory berarti mencari kejayaan, dan Gospel artinya menyebarkan agama.

Semboyan tersebut mendorong bangsa Eropa untuk menjelajah samudera guna menemukan daerah-daerah baru yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah.

Negara Spanyol dan Portugis merupakan dua negara yang menjadi pelopor penjelajahan samudera oleh bangsa barat. Penjelajahan tersebut kemudian dikenal sebagai penjajahan karena mereka mengambil keuntungan yang banyak dari SDA maupun SDM wilayah jajahannya.

Penjajahan tersebut berlangsung dalam waktu lama karena bangsa Eropa lainnya, seperti Inggris dan Belanda, juga mengikuti jejak Spanyol dan Portugis.

 Baca juga: 5 Negara yang Dikenal sebagai Penjajah, Nomor 2 Sejak Tahun 1492

Berikut merupakan negara-negara yang paling lama dijajah, bahkan hingga beberapa ratus tahun.

1. Indonesia

Indonesia merupakan negara yang merdeka pada tahun 17 Agustus 1945. Sebelum memproklamirkan kemerdekaannya, Indonesia harus berjuang merebutnya dari tangan penjajah.

Negara yang pernah menjajah Indonesia ialah Portugis yang pada tahun 1512, disusul oleh Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris dan Jepang.

Di antara negara-negara penjajah tersebut, Belanda disebut sebagai negara yang paling lama menjajah. Belanda menjajah Indonesia 350 tahun.

Soal lamanya penjajahan Belanda di Indonesia itu sempat menjadi topik perbincangan. Bahkan seorang ahli hukum internasional G.J. Resink membantah Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun lewat karyanya Indonesia’s History Between the Myths.

2. Malaysia

Negara ini pernah pernah dijajah oleh bangsa Portugis pada tahun 1511. Kemudian, wilayah Malaysia jatuh dalam penguasaan kongsi dagang Belanda (VOC) pada 1641. Inggris juga pernah menjajah Malaysia dengan mulai mendirikan koloninya di wilayah semenanjung Malaya pada 1786.

Malaysia juga pernah diduduki oleh Jepang meskipun hanya sebentar karena kekalahan Jepang saat melawan Amerika Serikat.

Malaysia kemudian merdeka pada 31 Agustus 1957. Jika terhitung sejak Portugis menguasai wilayah Malaysia hingga kemerdekaannya, Malaysia melewati waktu lebih dari 400 tahun dalam penjajahan.

3. Sri Lanka

Sri Lanka merupakan salah satu negara di Asia yang pernah dijajah. Negara ini pernah dijajah oleh bangsa Portugis pada 1505, kemudian oleh Belanda pada 1658, dan disusul Inggris pada tahun 1796.

Dari ketiga negara penjajah tersebut, yang paling lama menjajah Sri Lanka adalah Inggris. Ketika Inggris menjajah, wilayah Sri Lanka disebut Ceylon. Bahkan nama Ceylon ini masih digunakan sampai tahun 1972. Sri Lanka merdeka pada 4 Februari 1948. Tercatat negara ini pernah dijajah selama kurang lebih 4 abad.

 

4. India

Pada 1757 Perusahaan Dagang India Timur dari Inggris berhasil menaklukkan kerajaan dan penguasa di India. Kemudian sempat terjadi pemberontakan besar pada tahun 1857 dan Inggris memutuskan untuk mengambil alih kekuasaan di India.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Inggris menjanjikan kemerdekaan kepada India paling lambat tahun 1948. Inggris kemudian membagi wilayah India menjadi dua negara berbeda yaitu India dan Pakistan. Pada akhirnya, India merdeka pada 26 Januari 1950. Di bawah kekuasaan Inggris, India dijajah hampir dua abad sejak kehadiran Perusahaan Dagang India Timur.

Melansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini