Share

Pesan Wapres: Segera Keluarkan Zakat saat Ramadan Tiba, Bantu Warga Terdampak Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 29 Maret 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 337 2569683 pesan-wapres-segera-keluarkan-zakat-saat-ramadan-tiba-bantu-warga-terdampak-covid-19-4doFsN4l99.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Biro Pers Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong muzakki atau orang wajib zakat  segera menunaikan kewajibannya ketika Ramadan tiba. 

“Zakat itu biasanya dikeluarkan setahun sekali. Tetapi selama ini, menggunakan momentum bulan Ramadan untuk mengeluarkan zakatnya,” kata Wapres di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Wapres pun mengharapkan zakat yang dikeluarkan bisa membantu masyarakat yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. 

“Nah saya berharap bahwa para pemberi zakat ini, ini sudah harus segera mengeluarkan (zakat) pada saat bulan Ramadan, karena saat ini memang sudah diperlukan oleh masyarakat untuk kebutuhan Ramadan dan untuk menghadapi Hari Raya karena banyak masyarakat kita yang dalam keadaan akibat pandemi ya, kesulitan. Sehingga momentum itu saya kira penting,” tegas Wapres.

 Baca juga: Penetapan 1 Ramadan, Wapres: Mudah-mudahan Muhammadiyah dan Pemerintah Serentak

Selain itu, di momen Ramadan ini Wapres meminta agar masyarakat tidak konsumtif. Apalagi jadi seperti ‘balas dendam’ usai waktu berbuka.

“Biasanya kan orang puasa, malemnya itu kemudian seperti orang balas dendam begitu, semua dibeli, semua dimakan semua, nah itu namanya bukan puasa. Tapi justru itu namanya kita berprihatin, tetapi bukan berati kita kemudian tidak menggunakan apa yang kita punya kelebihan itu, tapi kita bagikan kepada saudara-saudara kita sesuai perintah Nabi, siapa yang punya kelebihan bagikan kelebihanmu itu kepada sesama yang membutuhkan. Ini momentum ramadan,” pesan Wapres.

Selain zakat, Wapres juga mendorong agar masyarakat mengeluarkan infak serta kepada masyarakat yang mampu untuk berwakaf.

“Wakaf itu merupakan satu sadaqoh yang terus megalir, sadaqoh jariyah namanya. Karena pahalanya, barangnya tidak akan habis. Nah momentum ramadan ini menjadi momentum yang pas,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini