Share

Wapres Ingin 83.000 Desa dan Kelurahan Terjangkau Internet Tahun 2023

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 28 Maret 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 337 2569089 wapres-ingin-83-000-desa-dan-kelurahan-terjangkau-internet-tahun-2023-UIQMVzIE3O.jpg Wapres Maruf Amin ingin 83 ribu desa dan kelurahan terjangkau internet tahun depan (Foto: MPI/Istimewa)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengharapkan sebanyak 83.000 Desa dan Kelurahan di seluruh Indonesia terjangkau internet pada tahun 2023 mendatang. Apalagi, penggunaan teknologi digital di wilayah perdesaan diyakini akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat desa.

“Pemerintah konsisten mengupayakan akselerasi pembangunan infrastruktur digital guna mengurangi kesenjangan digital. Diharapkan pada tahun 2023 nanti, 83.000 desa/kelurahan di seluruh Indonesia telah terjangkau internet,” tegas Wapres dalam keteranganya pada acara Peresmian Peluncuran Aplikasi Lapak Abah-Ojek Desa dan Santri Digitalpreneur di Kantor Bupati Purwakarta, Senin (28/3/2022).

Wapres juga menilai bahwa transformasi digital di pedesaan masih menghadapi berbagai hambatan, seperti belum meratanya fasilitas jangkauan internet. Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah akan terus berupaya untuk memperluas akses internet di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan kepada Wapres, bahwa wilayah Jawa Barat sangat berkomitmen untuk melakukan revolusi desa, salah satunya melalui digitalisasi.

Sebab, lanjut Ridwan, prediksi yang diberikan oleh PBB menyebutkan bahwa dalam hitungan tahun, 60 persen warga dunia akan memilih tinggal di kota.

“Kalau tidak ada revolusi di desa, maka yang tinggal di kota bisa 90 persen dan desa ditinggalkan,” kata Ridwan.

“Saya laporkan juga di Jawa Barat, Bapak Wapres, kemarin kami mewisuda Pak 1.249 petani milenial. Orang-orang kota yang kami rayu kembali ke desa, kami bantu tanahnya, modalnya, jualnya, digitalnya, sehingga mereka punya slogan sekarang tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia,” tandasnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini