Share

Ketika Jokowi Dihadiahi Peci Rotan Milik Gus Dur

Tim Okezone, Okezone · Minggu 27 Maret 2022 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 337 2568399 ketika-jokowi-dihadiahi-peci-rotan-milik-gus-dur-PMApVayook.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) pernah mendapatkan hadiah peci rotan milik Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Hadiah itu ia terima sebelum menjadi seorang presiden.

Saat itu, Jokowi hadir pada puncak peringatan Haul Ke-7 Gus Dur di kediaman Gus Dur di Jalan Warung Silah Nomor 10, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dihadapan ribuan orang, Jokowi menyampaikan testimoni.

Baca Juga:  Saat Gus Dur Sebut Jokowi Layak Jadi Presiden pada Tahun 2006

Ia mengaku masih terngiang dengan pemberian hadiah peci yang biasa dipakai Gus Dur yang terbuat dari kulit rotan. Peci itu diberikan langsung oleh Nyai Shinta Nuriyah Rahman Wahid pada Kamis, 26 September 2013 dalam sebuah acara di The Wahid Institute, Menteng, Jakarta.

"Pada haul ke-7 Gus Dur, pemberian peci itu menjadi pengingat saya, pengingat-ingat bagi kita semuanya, untuk selalu berusaha meneladani Gus Dur," kata Jokowi yang malam itu mengenakan sarung dan kopiah hitam seperti dikutip nu.or.id.

Jokowi mengungkapkan, teladan yang dimaksud meliputi ketulusan Gus Dur dalam menjaga silaturahim yang melampaui sekat-sekat primordial, kesederhanaannya, keikhlasannya melayani masyarakat, dan pengorbanannya untuk bangsa dan negara.

Ditambahkan Jokowi, pada pagi hari itu, ada yang berbisik agar peci tersebut dipakai pada malam puncak haul Gus Dur. Namun, karena sedang disimpan di Solo dan tak memungkinkan mengambilnya dalam waktu singkat, ia tak memakainya pada malam itu.

"Tahun depan insya Allah saya pakai," ujar Jokowi disambut tawa hadirin.

Baca Juga:  Humor Gus Dur: Karena Ngantuk, Gus Yahya Dipaksa 'Jadi' Presiden!

Mantan wakil presiden Boediono, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Tito Karnavian, Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Habib Umar Muthohar, Habib Ja'far Alkaff, para pemuka dari lintas agama, dan para seniman hadir dalam acara tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini