Share

Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Jokowi: Mutiara Indonesia di Zamrud Khatulistiwa

Carlos Roy Fajarta, · Sabtu 26 Maret 2022 23:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 337 2568393 pindahkan-ibu-kota-ke-kalimantan-jokowi-mutiara-indonesia-di-zamrud-khatulistiwa-nuQopqeGeF.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa gagasan besar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bukan untuk gagah-gagahan semata, namun sebagai cita-cita bangsa untuk mencapai Indonesia sentris.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPP PA GMNI Periode 2021 - 2026 pada Sabtu (26/3/2022) secara daring.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus PA GMNI periode 2021 2026 yang dilantik dan dikukuhkan pada hari ini. Selamat bekerja. Semoga pengurus pusat PA GMNI masa bakti ini dapat memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," ujar Jokowi.

Jokowi menyebutkan meskipun selama hampir lebih dari dua tahun lebih Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 namun masyarakat Indonesia tidak boleh kehilangan mimpi besarnya sesuai pendiri bangsa.

"Kita semua memikul tanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, cita-cita untuk memajukan Indonesia dan menyejahterakan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Jokowi.

Baca juga: Utamakan Produk dalam Negeri, Jokowi: Ini Tak Menyenangkan bagi Penyuka Impor

Oleh sebab itu pada 20 Maret 2022 lalu pemerintah disebutkan Jokowi telah memulai mengerjakan satu cita-cita besar.

Baca juga: Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman: Semua Kembali kepada Allah

"Satu usaha besar untuk memindahkan IKN. Ini adalah gagasan besar yang dimulai sejak 1957 di masa Bung Karno. Kita ingin Indonesia bukan Jawa sentris tapi Indonesia sentris. Pemindahan IKN bukan proyek mercusuar. Bukan juga untuk gagah-gagahan," tegas Joko Widodo.

Pemindahan ibu kota ke Kalimantan dikatakannya merupakan sebuah perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

"Pulau Kalimantan adalah mutiara Indonesia berada di zamrud khatulistiwa transformasi besar yang kita lakukan bukan semata-mata pindah ibu kota negara," pungkas Jokowi.

Baca juga: Jokowi 'Sentil' Pihak yang Suka Indonesia Impor Barang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini