Share

Tiga Jenderal TNI AL Pimpin Pasukan dari 'Neraka' Hancurkan Markas Musuh di Kepulauan Seribu

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 25 Maret 2022 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 337 2567536 tiga-jenderal-tni-al-pimpin-pasukan-dari-neraka-hancurkan-markas-musuh-di-kepulauan-seribu-qLKGvM9RhA.jpg Prajurit Kopaska/TNI AL

JAKARTA - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL melakukan penyerbuan ke markas pemberontak yang ada di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Kamis (24/3/2022). Penyerbuan itu ditujukan untuk menghancurkan fasilitas milik musuh.

(Baca juga: Cantik dan Mematikan! Prajurit Kopaska Ini Curi Perhatian Terjun Payung dengan Pasukan Elite)

KRI Semarang-594 dijadikan sebagai lokasi kapal markas. Sedangkan dalam proses penyerbuan ini pasukan komando yang mempunyai semboyan Tan Hana Wighna Tan Sirna menerjunkan 3 tim serbu.

Pasukan berjuluk dari 'neraka' itu dipimpin oleh para Perwira Tinggi (Pati). Tim Alpha dipimpin oleh Asisten Operasi KSAL Laksda TNI Dadi Hartanto, tim Bravo dipimpin oleh Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah dan Tim Charlie dipimpin oleh Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah.

Namun, saat hendak mendekat ke bibir pantai menggunakan sea ride, ketiga tim itu mendapat gangguan dari musuh secara tiba-tiba.

Penyerangan itu lantas direspons dengan sigap oleh tim dengan melakukan manuver dan membalas serangan musuh. Sehingga akhirnya kekuatan musuh di pantai dapat dinetralisir sepenuhnya.

Ketiga tim kemudian bergegas menyerbu sasaran utama dengan berpencar guna mengecoh kekuatan musuh. Penyerbuan ke sasaran utama mendapatkan perlawanan dari musuh yang tiba-tiba muncul dan menyerang masing-masing tim kopaska.

Kendati demikian, upaya musuh tetap berhasil dilumpuhkan dengan cepat. Akhirnya seluruh tim sampai pada titik sasaran dengan waktu bersamaan dan berhasil meledakkan sasaran utama yang menjadi markas musuh.

Demostrasi di atas bukanlah kejadian sebenarnya, tetapi dalam rangka latihan sekaligus momen penyematan brevet warga Kopaska TNI AL kepada Laksda Dadi Hartanto, Laskda Arsyad Abdullah dan Laksda Irvansyah.

Penyematan brevet kehormatan 'Manusia Katak' oleh dilakukan oleh Komandan Pusat Komando Pasukan Katak Laksma TNI Yudhi Bramantyo N S.

Sementara itu, Pangkoarmada I usai menerima brevet kehormatan mengutarakan, kebanggaannya. Dia pun merasa salut dengan Kopaska dan berpikir tak semua prajurit TNI AL mampu melewati kerasnya pendidikan tersebut.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Salut kepada prajurit yang telah menempuh latihan, dan pendidikan selama lebih dari satu tahun untuk menjadi seorang prajurit Kopaska sejati. Saya yakin tidak semua prajurit TNI AL mampu menjalani pendidikan Kopaska yang terkenal keras, penuh tantangan, dan menguras tenaga serta pikiran tersebut," ujar Arsyad.

Sekadar informasi, Kopaska terbagi menjadi Satuan Komando Pasukan Katak Armada I di Pondok Dayung, Jakarta Utara, dan Satuan Komando Pasukan Katak Armada II di Ujung, Surabaya dan Satuan Komando Pasukan Katak Armada III di Sorong, Papua.

Tugas utama Kopaska adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan amfibi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini