Share

Hary Tanoe Usul 2 Hal Ini Agar Internet Bisa Merata di Seluruh Indonesia

Inin Nastain, Koran SI · Kamis 24 Maret 2022 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 337 2567421 hary-tanoe-usul-2-hal-ini-agar-internet-bisa-merata-di-seluruh-indonesia-MQmo5u2nHj.JPG Eksekutif Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (Foto: MPI)

JAKARTA - Digitalisasi, dewasa ini mutlak dibutuhkan untuk berbagi sektor. Namun, di Indonesia, belum sepenuhnya memadai untuk mewujudkan hal itu.

Executive Chairman MNC Grup Hary Tanoesoedibjo (HT) menjelaskannya, asa dua hal yang harus menjadi fokus ketika berbicara dunia digital. Network, dinilai HT sebagai sesuatu yang harus mendapat perhatian untuk mendukung digitalisasi itu.

"Usul, tapi sebenarnya ini lebih relevan ke pemerintah pusat. Layanan network. Jadi kalau kita berbicara digitalisasi itu kan ada dua sebetulnya. Satu itu infrastruktur atau network. Satu lagi service," kata HT saat dalam dalam acara Okezone 15th Annivesary secara daring, Kamis (24/3/2022).

Dijelaskannya, banyak daerah yang masih belum bisa memanfaatkan jaringan internet. Hal itu didukung pernyataan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, lewat terobosan yang dilakukan Pemprov untuk mendukung proses belajar daring, sebagai dampak Pandemi Covid.

Dalam acara yang sama, Khofifah mengaku memasang banyak BTS di pohon-pohon untuk mendukung proses KBM daring. Hal itu dilakukan karena tidak semua daerah di Jawa Timur yang tersentuh jaringan internet.

"Yang masih saya lihat itu secara network masih belum maksimal. Seperti tadi Bu Khofifah mengatakan di Madura, pulaunya banyak terpaksa harus dipake BTS-BTS kecil-kecil," jelas dia.

"Jadi Indonesia itu kalau misalkan mau massif, bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat network itu, mau-tidak mau harus dibangun secara nasional," lanjut HT.

Di sisi lain, pemerintah daerah juga memiliki peran dalam upaya penyebaran network itu. Tidak hanya Pemda, pihak swasta pun bisa ambil bagian dalam program pemerataan jaringan guna terwujudnya digitalisasi yang maksimal.

"Kemudian pemerintah daerah dan juga pihak dunia usaha itu yang menawarkan servicenya, jasanya. Jadi kalau pemerintah daerah ya tentunya layanan kepada masyarakat di daerahnya masing-masing," beber dia.

"Saya melihatnya kalau Indonesia mau secara digital, networknya harus dibangun secara nasional," lanjut HT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini