Share

Transformasi Digital Ala Anies Baswedan: Ada 14.700 Titik WiFi Gratis di Jakarta

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 24 Maret 2022 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 337 2567175 transformasi-digital-ala-anies-baswedan-ada-14-700-titik-wifi-gratis-di-jakarta-OmA6YxxcBr.JPG Webinar March Festival MNC Portal Indonesia (Foto: MPI)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyebutkan pihaknya terus meratakan transformasi digital khususnya untuk masyarakat dari ekonomi tidak mampu untuk bisa mengakses jaringan internet.

Salah satunya kata Anies diwujudkan dengan membangun secara besar-besaran infrastruktur digital berupa koneksi WiFi gratis untuk masyarakat ibukota di DKI Jakarta. Total setidaknya ada kurang lebih 14.700 titik WiFi gratis di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan dalam webminar March Festival Road to Digital Innovation Awards 2022 yang diselenggarakan MNC Portal.

"Di Jakarta kita ini satu kota satu kesatuan dengan sinkronisasi dengan daerah-daerah jangan sampai membebani. Setiap daerah memiliki tantangan kompleks masing-masing, misalkan di Jawa Timur karena banyak kabupaten kota. Kalau di Jakarta satu kota dalam satu provinsi," ujar Anies Baswedan, Kamis (24/3/2022)

Anies Baswedan menyebutkan setiap wilayah punya coverage digital. Selama dua tahun lebih pandemi Covid-19, krisis kemarin adalah perubahan yang dipercepat. Krisis membuat masyarakat tidak boleh berinteraksi langsung, dan membuat sebagian pelaksanaan interaksi dilakukan secara online menggunakan transformasi digital.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"2020-2021 kita membangun 14.700 titik WiFi di seluruh Jakarta. Sehingga warga dapat mengakses WiFi secara gratis. Ini sebuah cara untuk menjangkau semua wilayah, sehingga dalam satu wilayah," kata Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyebutkan pihaknya akan terus meningkatkan infrastruktur digital untuk memastikan layanan dilakukan secara cepat dan baik dengan melibatkan partisipasi masyarakat maupun pihak terkait lainnya.

"Pemerintah melakukan peningkatan infrastruktur digital, dari sisi masyarakat ada kebutuhan tapi minim akses, sehingga ada jalan baru WiFi gratis. Tidak hanya DKI, tapi berbagai pihak yang hendak melaksanakan CSR, dan perusahaan yang hendak memberikan layanan WiFi kita fasilitasi dan sinkronkan," tutup Anies Rasyid Baswedan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini