Share

Khofifah Nilai Transformasi Digital Hadirkan Pelayanan Cepat dan Mudah

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 337 2567143 khofifah-nilai-transformasi-digital-hadirkan-pelayanan-cepat-dan-mudah-qVzxKVHDVU.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Dok Okezone)

JAKARTA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyebut ide-ide kreatif dapat muncul di saat pandemi Covid-19. Di saat pandemi, pihaknya memberikan layanan yang mudah sehingga bisa tetap berinteraksi dengan masyarakat.

"Kita bersyukur bisa menumbuhkan ide-ide kreatif, bagaimana memberikan layanan lebih cepat murah bisa interaksi lebih luas," katanya dalam webinar ”Accelerating Digital Transformation In Local Government” rangkaian dari March Festival Road to Digital Innovation Awards 2022 yang diselenggarakan MNC Portal, Kamis (24/3/2022).

Ia mencontohkan aplikasi untuk para pelaku UMKM. Di aplikasi itu banyak pelaku UMKM yang ikut serta tak hanya masyarakat Jawa Timur.

"Jadi kita siapkan aplikasi pelaku UMKM. Jadi yang mengikuti format itu cukup banyak dan itu lintas-lintas bukan hanya masyarakat Jatim," ujarnya.

Selain itu, dalam transormasi digital saat pandemi ini, ia mencontohkan adanya anjungan Dukcapil yang bisa diakses masyarkat Jatim yang di mana saja. Dengan adanya anjungan ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kependudukan menjadi lebih mudah dan cepat.

"Kemudian kita cukup lama melakukan format anjungan Dukcapil mandiri. Memungkinkan siapa saja warga Jatim kalau KTP habis mereka bisa ganti kartu di mana saja," tuturnya.

"Jadi, banyak hal yang jadi mudah dan cepat secara digital," tambahnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Selain itu, tuntutan pandemi juga membuat Pemprov Jawa Timur untuk berinovasi agar para pelajar tidak tertinggal ketika pelajaran jarak jauh (PJJ).

Khofifah menyebutkan, di Sumenep terdapat banyak pulau sehingga terkendala akses internet untuk PJJ. Guna mengatasi hal itu, pihaknya mendirikan BTS mini di sekitar lokasi.

"Yang kami lakukan bikin BTS mini dicantolkan di pohon terdekat, yang bisa jangkau 25 meter masyarakat dekat sekitar situ, bisa mengakses, bisa PJJ. Hal ini kita lakukan tuntutan saat pandemi," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini