Share

Kasus Ujaran Kebencian, Habib Bahar Segera Diseret ke Pengadilan Negeri Bandung

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Selasa 22 Maret 2022 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 337 2565676 kasus-ujaran-kebencian-habib-bahar-segera-diseret-ke-pengadilan-negeri-bandung-IJuWqGVdqx.jpg Habib Rizieq Shihab Foto: Okezone

BANDUNG - Habib Bahar bin Smith, tersangka kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dalam ceramah di Kabupaten Bandung akan segera diadili.

 (Baca juga: Habib Bahar Kembali Terjerat Kasus Ujaran Kebencian kepada Pejabat Negara)

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat memastikan, tak ada kendala dalam pemberkasan kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan pendiri Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin tersebut.

Kasipenkum Kejati Jabar, Dodi Gazali Emil menyatakan, meski lokasi peristiwa dugaan penyebaran berita bohong itu terjadi di Kabupaten Bandung, namun Bahar akan menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung di Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung.

"Di PN Bandung, bukan (PN) Bale Bandung," ujar Dodi, Selasa (22/3/2022).

Dodi mengakui, sejauh ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jabar memang belum melimpahkan berkas perkara Bahar ke PN Bandung. Namun, Dodi meyakinkan bahwa berkas perkara akan segera dilimpahkan, agar Bahar segera disidang.

"Mohon waktu yah, persiapan berkas tidak ada kendala, Kejati Jabar tengah mempersiapkan pelimpahan sebaik baiknya," katanya.

"Perkara itu akan segera dilimpahkan. Nanti kalau sudah dilimpahkan kami infokan, dalam waktu dekat akan dilimpahkan," tandasnya.

Sebelumnya, pascapenetapan Habib Bahar sebagai tersangka, penyidik Polda Jabar melimpahkan kasus tersebut berikut barang bukti dan Bahar sebagai tersangka ke Kejati Jabar. Selain Bahar, tersangka lain, yakni Tatan Rustandi juga turut dilimpahkan. Tatan merupakan pengunggah video ceramah Bahar.

Adapun barang bukti tindak pidana yang dilimpahkan kepada Kejati Jabar tersebut, di antaranya flashdisk, 1 unit laptop, handphone, Screenshoot Postingan video dari akun youtube Tatan Rustandi OFFICIAL yang berjudul “MENGGELEGARRR!! CERAMAH TERBARU HABIB BAHAR BIN SMITH BERKOBAR DI KOTA BANDUNG LAUTAN JAMAAH, serta barang bukti lainnya.

Bahar dan Tatan sama-sama diduga melakukan tindak pidana melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan Pasal 15 UU No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat 2 UU No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) angka 1E KUHPidana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini