Share

Panglima TNI Bilang Banyak Hal yang Dipelajari dari Konflik Rusia-Ukraina

Riezky Maulana, iNews · Selasa 22 Maret 2022 05:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 337 2565518 panglima-tni-bilang-banyak-hal-yang-dipelajari-dari-konflik-rusia-ukraina-PW3JaHAYjH.jpg Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: TNI)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyebut bahwasanya banyak yang dipelajari dari konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina. Menurut dia, amat disayangkan bila tidak mengambil pelajaran berharga dari perkembangan yang terjadi.

"Oh banyak (hal yang dipelajari dari konflik Rusia-Ukraina). Harus, dan kita itu sebagai profesional militer kita juga seharusnya mempelajari itu," tutur Andika saat ditemui di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2022).

Dia menuturkan, konflik yang terjadi merupakan pengalaman dari masing-masing negara. Namun, pengalaman baik yang sebaiknya dapat diambil untuk dipelajari.

"Karena kan pengalaman orang adalah juga pelajaran yang baik buat kita. Saya enggak mau membicarakan detail, tapi saya sudah," katanya.

Sekadar informasi, konflik kedua negara Eropa Timur itu masih berlangsung. Jumlah korban konflik pun makin memprihatinkan.

Terbaru sudah 115 anak Ukraina tewas dan 140 lainnya terluka dalam serangan Rusia.

Selain itu, 489 lembaga pendidikan rusak, 69 hancur sejak serangan Rusia 24 Februari. Selain itu, 489 lembaga pendidikan rusak, 69 hancur sejak serangan Rusia 24 Februari.

Data tersebut disampaikan Kantor Kejaksaan Agung Ukraina, Minggu 20 Maret 2022. Sementara itu, menurut perkiraan PBB, setidaknya 847 warga sipil telah tewas dan sekitar 1.400 terluka di Ukraina sejak Rusia melancarkan serangan.

PBB mengatakan angka sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih tinggi. Itu dikarenakan kondisi di lapangan membuat verifikasi menjadi sulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini