Share

2 Kapal Patroli Cepat TNI AL Bakal Dipersenjatai Rudal

Riezky Maulana, iNews · Selasa 22 Maret 2022 01:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 337 2565512 2-kapal-patroli-cepat-tni-al-bakal-dipersenjatai-rudal-Bml5mU4sCW.jpg 2 kapal TNI AL bakal dipersenjatai rudal (Foto : MPI/TNI AL)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan 2 unit Kapal Patroli Cepat (PC) 60 M, Senin (21/3/2022). Peresmian mengambil tempat di Galangan PT Caputra Mitra Sejati (CMS), Banten.

Yudo menyatakan, kapal ini adalah pengembangan kapal patroli terdahulu, yakni jenis PC-40. Menurut dia, pengembangan bertujuan agar dapat mendukung tugas TNI AL di situasi damai dalam penegakkan hukum laut melaksanakan patroli keamanan hingga ke wilayah ZEE.

Namun, sambung Yudo, alutsista TNI AL tersebut apabila negara dalam kondisi darurat pernah bisa ditambah dengan perlengkapan dengan peluru kendali atau rudal.

"Apabila dalam darurat ataupun negara dalam keadaan bahaya kapal ini bisa kita tambah rudal. Karena memang juga bisa dimuati rudal dan sudah disiapkan juga ruangan untuk saluran rudalnya,” ujar Yudo melalui keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Lebih jauh dituturkan Yudo, kdtik situasi damai, persenjataan yang disiapkan kapal patroli jenis PC 60 M ini adalah Meriam Utama (Single Barrel) 40 mm. Meriam ini memiliki kemampuan tracking system dengan dilengkapi laser range finder, ir camera dan day camera.

"Sehingga mampu ditembakkan dari fire control system, serta 2 unit meriam 12,7 mm di lambung kanan-kirinya untuk pertahanan terhadap serangan udara," katanya.

Kedua kapal PC 60 M yang diresmikan ini diberi nama KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875. Nantinya KRI Dorang akan memperkuat jajaran unsur patroli di bawah Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal) IX Ambon.

Sementara itu, untuk KRI Bawal akan mengemban tugas di jajaran unsur patroli di bawah Satrol Lantamal XIV Sorong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini