Share

Deretan Makhluk Mitologi di Indonesia: Dari Leak sampai Garuda

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 22 Maret 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 337 2565241 deretan-makhluk-mitologi-di-indonesia-dari-leak-sampai-garuda-d8XuGYPS0d.jpg Ilustrasi Leak (Foto: istimewa)

JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang besar dan kaya. Berbagai kesenian serta budaya dimiliki oleh negeri ini. Di antara keanekaragaman budaya tersebut, terdapat kepercayaan yang terkait dengan keberadaan hewan mitologi. Bahkan, Garuda yang notabene merupakan lambang negara digambarkan sebagai makhluk mitologi. Berikut informasi lengkapnya.

Garuda

Dikenal sebagai lambang negara Indonesia, Garuda sebenarnya adalah makhluk mitologi yang diketahui berasal dari kepercayaan agama Hindu. Garuda merupakan burung yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu. Hewan tersebut digambarkan memiliki tubuh berwarna emas, sayap dengan warna merah, dan wajahnya yang putih. Kitab Mahabarata dan Purana menggambarkan Garuda sebagai sosok yang sangat besar hingga mampu menutupi matahari.

Baca juga: Kisah Narcissus, Pemuda Tampan yang Jatuh Cinta pada Bayangannya Sendiri

Leak

Sosok mitologi terkenal lain yang ada di Indonesia adalah Leak. Namanya populer di Bali dan digambarkan sebagai sosok yang menakutkan. Melansir Okezone, Leak diketahui memiliki mata besar, gigi taring, tubuh yang tinggi dan besar serta lidahnya menjulur hingga ke bawah. Sosok ini juga dikenal dengan sebutan Calonarang. Tidak hanya menarik atensi masyarakat lokal, keberadaan Leak juga menjadi magnet tersendiri bagi para peneliti asing.

Baca juga: Leak, Makhluk Mitologi Bali yang Menarik Perhatian Peneliti Australia

Ebu Gogo

Wilayah Flores juga memiliki makhluk mitologi yang tak kalah menyeramkan. Ia adalah Ebu Gogo, yang disebut sebagai makhluk kanibal. Masyarakat percaya, Ebu Gogo mendiami hutan pedalaman Flores. Ebu Gogo digambarkan sebagai seorang nenek yang hidup di hutan dan bisa memakan apa saja. Mulai dari hewan, tumbuh-tumbuhan, hingga manusia. Ebu Gogo juga dipercaya pernah menjelajahi hutan tropis bersama manusia-manusia modern. Perawakan Ebu Gogo diketahui pendek dan memiliki bulu yang cukup lebat.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Lembuswana

Selanjutnya, ada sosok mitologi lain yang bernama Lembuswana. Berbagai sumber menyebut, sosok tersebut merupakan gabungan berbagai jenis binatang yang menjadi lambang Kerajaan Kutai Kartanegara. Kini Lembuswana menjadi simbol dari Kota Tenggarong. Apabila diperhatikan dengan cermat, tubuh Lembuswana terdiri dari beberapa hewan, seperti lembu (pada bagian badan), berkepala singa, memiliki belalai layaknya gajah, bersayap seperti Garuda, memiliki jenggot seperti kambing, dan taji seperti ayam.

Banyak masyarakat percaya bahwa Lembuswana merupakan kendaraan milik Raja Mulawarman, sang pemimpin Kerajaan Kutai. Lembuswana disebutkan bisa terbang dengan sangat cepat alias kecepatan kilat. Selain itu, Lembuswana diyakini mampu hidup di berbagai alam dengan tangguh, seperti di darat, laut maupun udara.

Baca juga: Santri Terbangkan Pesawat Miniatur Garuda Indonesia di Depan Erick Thohir, Endingnya Bikin Terharu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini