Share

Kemhan Bentuk 5 Batalion Komcad, Ini Rinciannya

Riezky Maulana, iNews · Senin 21 Maret 2022 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 337 2565111 kemhan-bentuk-5-batalion-komcad-ini-rinciannya-kLPtU6l0Tl.jpg Komcad (Foto

JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) rencannaya akan membentuk 5 Batalion dari program Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022. Nantinya, Matra Darat akan memiliki 3 batalion, dan Matra Laut dan Udara masing-masing 1 Batalion.

Adapun 1 Batalion terdiri dari 500 orang. Untuk Matra Darat, 500 orang di Kodam II/Swj, Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XIV/Hasanuddin.

Kemudian 500 orang Matra Laut di Kodikmar Surabaya, serta 500 orang Matra Udara di Pusdiklat Pasgat, Bandung.

Diraumdahan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Fahrid Amran mengatakan, pembentukan Komcad merupakan eprsiapan dini pembangunan sistem pertahanan negara. Nantinya, untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama (TNI).

Lebih jauh dikatakan, Komcad tak hanya berupa sumber daya manusia yakni warga negara, melainkan juga berupa sumber daya alam, sumber daya buatan, dan sarana prasarana nasional yang telah disiapkan.

Baca juga: Perang Bisa Terjadi Kapan Saja, Pengamat: Langkah Tepat RI Siapkan Komcad di Masa Damai

"Kesiapsiagaan itu, sebagai wujud usaha negara dalam menghadapi ancaman militer maupun ancaman non militer," kata Fahrid dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (21/3/2022).

Dalam hal pengelolaan, Komcad dilaksanakan berdasar kebijakan umum pertahanan negara, dengan menerapkan sistem tata kelola pertahanan negara yang demokratis, berkeadilan. Selain itu, hak asasi manusia juga dihormati dan menaati peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Kembali Buka Rekrutmen, Ini Keuntungan dan Fasilitas Menjadi Komcad

“Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang PSDN, Komponen Cadangan merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara secara sukarela serta sarana dan prasarana nasional dalam usaha pertahanan negara, sehingga komponen cadangan bukan wajib militer," ujarnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini