Share

Rusia dan Ukraina Lobi-Lobi Indonesia Minta Dukungan, Begini Upayanya!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 19 Maret 2022 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 337 2563947 rusia-dan-ukraina-lobi-lobi-indonesia-minta-dukungan-begini-upayanya-mD05Z02ha1.jpg Rusia invasi Ukraina (Foto: Reuters)

RUSIA telah menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022. Sejak saat itulah pasukan Rusia mengepung Ukraina. Jutaan warga Ukraina telah mengungsi untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. Selain itu, perusahaan-perusahaan besar yang terdapat di Ukraina juga menutup operasionalnya guna melindungi keselamatan pekerjanya.

Pemerintah Ukraina melalui kedutaannya di Jakarta meminta dukungan Indonesia dalam perang melawan Rusia. Dalam permintaan dukungannya, pemerintah Ukraina memuji sejarah Indonesia yang menolak tunduk pada ancaman musuh.

"Bangsa Indonesia! Anda adalah bangsa yang kuat dan gagah, Anda adalah pejuang kebenaran dan kebebasan, Anda adalah tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara Anda yang bebas dan demokratis," demikian pernyataan tertulis yang dikeluarkan Kedubes Ukraina di Jakarta. 

"Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami," tulis pernyataan itu pada Selasa 1 Maret 2022.

Baca Juga:  Presiden Prancis Khawatir Perang Rusia-Ukraina Picu Krisis Pangan

Selain itu, pada 10 Maret 2022 Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah memanggil Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin dan Dubes Rusia untuk Indonesia Ludmila Vorobieva. Secara terpisah, Retno Marsudi menemui para duta besar itu di Jakarta.

Pertemuan tersebut dilakukan terkait meningkatnya eskalasi konflik antara Rusia dan Ukraina. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno Marsudi menyatakan posisi Indonesia yang konsisten pada mandat konstitusi dalam menyikapi perang antara Rusia dan Ukraina. Mandat konstitusi Indonesia adalah mendukung upaya perdamaian dunia.

Diolah dari berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI

Baca Juga: NATO Gelar Latihan Militer Besar-besaran di Dekat Rusia, Tegaskan Tidak Terkait dengan Perang di Ukraina

(Ari)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini