Share

29 Pekerja Migran Asal Bali yang Terlantar di Turki, Polisi Periksa Calo Pengirim

Mohamad Chusna, Sindonews · Jum'at 18 Maret 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 337 2563879 29-pekerja-migran-asal-bali-yang-terlantar-di-turki-polisi-periksa-calo-pengirim-HJA3W7wUpY.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

DENPASAR - Polisi menyelidiki kasus 29 pekerja migran asal Bali yang kini terlantar di Turki. Satu orang yang menjadi calo pengiriman tenaga kerja itu kini diperiksa.

Calo itu berinisial KP. "Dia (KP) terlapor dan statusnya masih saksi," kata Kasat Reskrim Polres Buleleng AKP Yogie Pramagita, Jumat (18/3/2022).

Ia menjelaskan, Polda Bali melimpahkan penyelidikan kasus ini ke Polres Buleleng. Pertimbangannya, semua korban adalah pekerja migran asal Buleleng.

Dari hasil penyelidikan sementara, terungkap Komang P adalah orang kepercayaan Anak Agung KRS, terlapor lainnya yang juga otak dari kasus ini.

Peran Komang P yaitu menghubungi bosnya untuk proses keberangkatan para korban ke Turki. Dialah yang mempersiapkan keberangkatan dari Bali.

Sedangkan Anak Agung KRS berperan mengatur keberangkatan, menerima para korban di Turki dan menempatkannya bekerja. Anak Agung KRS telah menikah dengan warga negara Turki dan menetap di negara itu.

Polisi juga telah memeriksa tiga saksi lainnya, terdiri dua saksi yang mengetahui proses keberangkatan dan satu saksi lagi adalah korban.

Diberitakan sebelumya, 29 pekerja migran asal Bali berangkat ke Turki November 2021 lalu. Setiap orang mengeluarkan biaya Rp25 juta.

Kecurigaan bermula saat mereka diberangkatkan dengan visa kunjungan wisata, bukan visa kerja. Sesampainya di Turki mereka tidak dipekerjakan sebagai house keeping sebagaimana perjanjian.

Mereka juga tidak ditempatkan di apartemen untuk tempat tinggal, melainkan di sebuah mess. Di mess itu, mereka juga harus tidur bergantian karena terbatasnya jumlah tempat tidur.

Hingga kini mereka masih berada di Turki. Mereka kemudian memposting video yang isinya minta segera dipulangkan ke Bali. Video itu sempat viral di sejumlah akun media sosial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini