Share

MNC Peduli dan RS Telogorejo Gelar Operasi Katarak Gratis, Nenek Ini Bersyukur Bisa Melihat Lagi

Angga Rosa AD, Koran SI · Kamis 17 Maret 2022 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 337 2563231 mnc-peduli-dan-rs-telogorejo-gelar-operasi-katarak-gratis-nenek-ini-bersyukur-bisa-melihat-lagi-e5Vea10u0t.jpg Soerang nenek bisa melihat lagi usai jalani operasi katarak gratis yang digelar MNC Peduli (Foto : MPI)

SEMARANG - Suharlina (54), perempuan paruh baya asal Banyumanik, Kota Semarang, bersyukur usai mendapatkan layanan program bakti sosial operasi katarak gratis yang digelar MNC Peduli pada Kamis (17/3/2022). Sebelumnya, penglihatan nenek ini menurun akibat katarak yang dideritanya. Suharlina mengaku kesulitan beraktivitas dalam kesehariannya di rumah saat mengurus cucunya yang masih beranjak di bangku SD.

Herlina yang tidak bekerja, hanya mengandalkan anaknya yang kerjanya serabutan untuk menopang hidupnya. Dengan penghasilan anaknya yang minim, Herlina tidak menyangka bahwa ia bisa kembali mendapatkan penglihatan yang normal.

Bersyukur, Herlina mendapatkan informasi operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh MNC Peduli dan RS Telogorejo Semarang.

"Sebelumnya, penglihatan saya tidak jelas dan sulit beraktivitas. Setelah operasi, penglihatan jadi jelas. Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan layanan operasi gratis katarak ini. Terimakasih MNC Peduli dan Rumah Sakit Telogorejo yang telah membantu saya," katanya.

Sementara itu, dr Alvin Hendryanto dari Rumah Sakit Telogorejo mengatakan, setelah operasi katarak pasien harus kontrol secara rutin. Ini untuk pengecekan posisi lensa buatan, kondisi mata secara umum dan pengelihatan pasien setelah operasi.

"Untuk perawatan di rumah secara umum, jangan sampai terkena air dulu selama empat minggu. Kalau pasien hendak cuci muka atau cuci rambut, harus tutup mata," terangnya.

Menurutnya, selang enam jam setelah operasi, pasien bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hanya, tidak boleh akan beban yang berat. "Jadi enam jam setelah operasi, pasien bisa beraktivitas termasuk angkat-angkat barang yang ringan," ujarnya.

Sementara itu, pada hari yang sama, MNC Peduli dan RS Telogorejo Semarang juga melaksanakan Senyum Indonesia yaitu operasi bibir sumbing gratis yang didukung oleh Smile Train Indonesia. Adapun peserta berasal dari masyarakat prasejahtera di Semarang dan kota sekitar.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Bagi warga yang ingin mendapatkan operasi katarak dan sumbing gratis ini masih bisa mendaftar melalui Customer Service RS Telogorejo Semarang WA: +62 877-8157-8268 atau telepon: (024) 8646 6000, sesuai dengan syarat ketentuan yang berlaku. Khusus untuk operasi katarak, kegiatan akan berjalan hingga Juni 2022z

Head of CSR MNC Group Tengku Havid menyampaikan, bahwa ini merupakan bentuk kepekaan dan kepedulian sosial MNC Group melalui MNC Peduli dalam membantu masyarakat mendapatkan akses kesehatan.

“Kami bersyukur kerjasama rutin yang terjalin antara MNC Peduli dengan RS Telogorejo terus berjalan dengan baik sejal tahun 2008,” jelas Tengku.

Tengku juga menyampaikan, walaupun masih dihadapi dengan pandemi, bantuan untuk masyarakat yang memiliki penyakit lainnya tidak boleh berhenti.

Bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kesehatan lainnya melalui MNC Peduli dapat berdonasi melalui https://www.mncpeduli.org/donation.

MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini