Share

Cegah Pencucian Uang, Menkumham Minta Notaris Profesional, Jujur dan Amanah!

Antara, · Rabu 16 Maret 2022 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 337 2562865 cegah-pencucian-uang-menkumham-minta-notaris-profesional-jujur-dan-amanah-pUZd04l5Gb.jpg Menkumham Yasonna Laoly (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengingatkan para notaris bekerja secara profesional dan mencegah terjadinya tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Sebagai profesi yang sangat strategis, notaris diharapkan bertindak profesional, jujur, amanah, dan tidak memihak dalam memberikan layanan kepada masyarakat," kata Yasonna usai melantik pengganti antar waktu (PAW) Majelis Pengawas Pusat Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris Pusat di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga:  KPK Terus Telusuri Aset Hasil Pencucian Uang Bupati Nonaktif Banjarnegara

Menurut dia, seluruh notaris perlu mendapat pengawasan, pembinaan, dan perlindungan guna memastikan tugas profesi itu dijalankan sesuai kode etik jabatan, termasuk menaati dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Percepatan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19, lanjutnya, harus melibatkan semua pihak, salah satunya ialah notaris. Notaris berperan penting mewujudkan kepastian dan kemudahan berusaha dalam memulai sebuah bisnis serta berperan pula terkait dengan aktivitas ekonomi masyarakat.

"Notaris harus teliti menerima pengguna jasa dan turut mencegah terjadinya tindak pidana pencucian uang," pesan Guru Besar Ilmu Kriminologi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tersebut.

Baca Juga:  KPK Periksa Petani Hingga Pejabat Pemkab Probolinggo Terkait Pencucian Uang

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan hasil riset Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), ditemukan fakta bahwa pelaku TPPU sering kali memanfaatkan jasa notaris dalam menjalankan aksinya.

Berdasarkan riset tersebut, Yasonna terus mengingatkan setiap notaris untuk wajib menerapkan prinsip mengenali para pengguna jasa profesi notaris.

Saat ini, jumlah notaris di Indonesia sebanyak 19.109 orang dan tersebar di 514 kabupaten dan kota. Para notaris itu rata-rata membuat hingga lima juta akta per tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini