Share

4 Jurnalis yang Tewas saat Meliput Perang, Salah Satunya di Ukraina

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 17 Maret 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 337 2562769 4-jurnalis-yang-tewas-saat-meliput-perang-salah-satunya-di-ukraina-xfesfE8qGH.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

SELAIN bersedia bertugas di segala medan dan peristiwa, jurnalis juga harus siap untuk kemungkinan terburuk yang akan dialaminya. Dari terluka hingga kematian.

Seperti halnya yang terjadi pada 4 jurnalis berikut yang meregang nyawa saat meliput perang. Berikut beberapa jurnalis yang tewas saat perang.

1. Brent Renaud

Brent Renaud adalah seorang jurnalis dan pembuat film Amerika Serikat (AS). Ia tewas saat militer Rusia menyerang Kota Irpin di Ukraina pada Maret 2022. Sebelumnya, dikabarkan bahwa peristiwa itu menewaskan seorang jurnalis asing yang bekerja untuk Time. Rupanya, jurnalis tersebut adalah Renaud. Selain menewaskan Renaud, serangan itu juga melukai 2 jurnalis lainnya. BBC menyebut, kematian Renaud ini merupakan kematian jurnalis pertama dalam konflik Rusia-Ukraina.

Saat kejadian, Renaud dan seorang jurnalis lain, Juan Arredondo, sedang berada di mobil dan meliput pengungsi lain yang pergi. Ketika menyeberangi pos pemeriksaan, kendaraan mereka mulai diserang dan ditembaki. Renaud menderita luka tembak di bagian leher dan tewas.

2. Paul Moran

Seorang juru kamera yang bekerja untuk media ABC Australia, Paul Moran tewas ketika bertugas meliput Perang Irak pada Maret 2003. Moran tewas dalam peristiwa bom bunuh diri yang dilakukan oleh kelompok afiliasi Al Qaeda. Saat kejadian, Moran tengah berada di pos pemeriksaan yang ada di desa Khormal. Ia kemudian melihat milisi Kurdi datang dari arah berlawanan. Moran yang langsung menghampiri milisi itu kemudian didatangi oleh mobil putih. Si pengemudi memberikan isyarat agar Moran mendekat. Namun, tak lama mobil itu meledak dan menewaskan Moran.

3. Kaveh Golestan

Kaveh Golestan adalah jurnalis foto dan juru kamera lepas BBC yang tewas dalam Perang Irak pada 2 April 2003. Golestan tak sengaja menginjak ranjau di darat di Kifri, Irak yang telah dikuasai oleh Kurdi. Ketika itu, ia juga tengah meliput konflik yang terjadi antara pasukan Irak dan Kurdi. Selain Golestan, peristiwa tersebut juga melukai seorang kru BBC lainnya. Para korban langsung dibawa ke rumah sakit militer setempat.

4. Mervan Yusuf

Seorang jurnalis bernama Mervan Yusuf kehilangan nyawanya saat meliput konflik yang terjadi antara pemberontak Houthi dengan pasukan pemerintah Yaman pada 6 Februari 2022. Yusuf meninggal di Kota Harad, Provinsi Hejja. Kematian Yusuf dikonfirmasi oleh Wakil Menteri Informasi Yaman Abdul Basit al-Qaidi melalui laman Twitter-nya. Ia juga mengucapkan belasungkawa atas kejadian tersebut dan menguatkan keluarga Yusuf.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini