Share

Ssst..JK Sebut 75% Sound Sistem Masjid di Indonesia Bermasalah

Azhari Sultan, Okezone · Rabu 16 Maret 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 337 2562574 ssst-jk-sebut-75-sound-sistem-masjid-di-indonesia-bermasalah-qvsfDBRaqi.jpg Ketua DMI Jusuf Kalla (Foto: Dok Okezone)

JAMBI - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, 75 persen sound sistem masjid yang ada di Indonesia bermasalah. Sehingga suaranya tidak terdengar merdu.

"Mohon maaf, saya bicara pelan. Saat ini di mana-mana seluruh Indonesia, sound sistem masjid di Indonesia 75 persen bermasalah," katanya saat mengukuhkan pengurusan PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jambi, periode 2022-2027 di Masjid Agung Al Falah, Kota Jambi, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga:  Bandingkan Toa Masjid dan Gonggongan Anjing, #TangkapYaqut Trending di Twitter

Karena itu, dia menilai imam masjid, khotib dan lainnya kurang memahami apa yang menjadi isu terkait sound sistem di tempat ibadah.

"Karena itu salah satu tugas Dewan Masjid adalah memperbaiki sound sistem di tempat ibadah masing-masing agar menjadi baik dan terdengar merdu di tengah masyarakat," ujarnya

Menurutnya, para penceramah, da'i, khotib dan lainnya yang datang dengan niat yang baik bisa jadi kurang dipahami isi omongannya akibat sound sistem yang kurang baik.

"Sound sistem yang kurang bagus itu bisa jadi masalah, karena salah satu program utama dewan masjid, yakni memperbaiki suara sound sistem di masjid agar terdengar merdu dan enak didengar," ujar mantan Wakil Presiden RI dua kali ini.

Baca Juga:  KSP: Aturan Pengeras Suara di Masjid Jadi Jalan Tengah Wujudkan Toleransi

Diakuinya, pihaknya sudah mengirim pelatih dan mobil operasional untuk memperbaiki sound sistem di sejumlah masjid.

"Hingga saat ini, baru bisa dicapai sekitar 10 persen sound sistem masjid yang diperbaiki. Saya mohon ini jadi perhatian kita semuanya," harap Jusuf Kalla.

Di samping itu, dia berharap semua pengurus wilayah Dewan Masjid bisa memakmurkan masjid dan bisa memahami fungsi pengurus masjid, takmir masjid dan seterusnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini