Share

Senjata-Senjata Legendaris Rusia, Andalan Saat Perang Lawan Musuh

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Rabu 16 Maret 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 337 2562067 senjata-senjata-legendaris-rusia-andalan-saat-perang-lawan-musuh-KOBNGNdeBY.jpg Ilyushin 2 dari Rusia (Foto: Wikipedia)

RUSIA merupakan salah satu negara yang mempunyai kekuatan militer yang mumpuni. Hal tersebut dibuktikan Rusia dengan menempati peringkat kedua dalam globalfirepower.com dengan indeks 0,0501. Bahkan Rusia telah memproduksi senjata ketika Perang Dunia II. Senjata tersebut menjadi andalan pasukan Uni Soviet ketika melawan musuh.

Ilyushin 2

Ilyushin 2 (Il 2) atau disebut Stormovik menjadi andalan angkatan udara Uni Soviet Soviet selama Perang Dunia II. Ilyushin 2 adalah pesawat serang darat terbaik yang diproduksi ketika Perang Dunia II. Pesawat ini dirancang oleh Sergey Ilyushin pada 1938 dan mulai diproduksi pada 1940. Il 2 merupakan pesawat tunggal bermesin tunggal. Pada versi awal, Il 2 dipersenjatai dengan dua meriam 23 milimeter dan dua senapan mesin 7,6 milimeter yang dipasang di sayap.

Selain itu, pesawat Il 2 ini dapat membawa sekitar 450 kg bom atau jumlah roket yang lebih sedikit. Seluruh bagian depan pesawat terbuat dari cangkang berlapis baja tunggal yang memberikan perlindungan maksimal kepada pilot. Pesawat Il 2 ini efektif untuk menghancurkan tank serta melawan divisi Panzer Jerman pada 1941-1943. Selain itu, Il 2 berperan penting untuk kemenangan Uni Soviet di Perang Dunia II.

Tank T-34

Menurut Flying Heritage & Combat Armor Museum, tank T-34 merupakan salah satu tank terbaik yang diproduksi Uni Soviet ketika Perang Dunia II. Tank T-34 ini dilengkapi dengan meriam besar serta tebal, namun tetap mempertahankan kecepatan dan kelincahan. Dengan persenjataan dan menggunakan lapis baja yang kuat serta kemampuan akselerasi dan manuver yang baik, membuat tidak ada yang menyaingi T-34 sampai pada 1942.

Tank T-34 dapat diandalkan dalam segala medan perang. Tank ini berfungsi sebagai kendaraan pendukung dan pelindung barisan yang baik. Hingga saat ini, tank T-34 sudah mengalami beberapa modifikasi. Tank ini dipasang meriam berkaliber 76 milimeter. Tak hanya itu, tank ini mempunyai daya tembak yang dapat menghancurkan lapisan baja tank milik Jerman. Usai Perang Dunia II, Uni Soviet masih memproduksi tank T-34 di negara yang dikendalikan Uni Soviet.

Katyusha

Katyusha adalah senjata yang digunakan oleh pasukan Uni Soviet selama Perang Dunia II melawan Nazi Jerman. Roket Katyusha tidak akurat, tetapi Uni Soviet meluncurkan begitu banyak sehingga roket ini mencapai sasaran. Nama resmi peluncurnya adalah BM-13, karena peluncur BM-13 diproduksi di pabrik bernama Vorozeny Komintern. Namun pasukan Uni Soviet mulai menyebut peluncur roket dengan "Katyusha" (bahasa Rusia untuk "Katie").

Pengembangan peluncur roket ganda Katyusha dimulai pada 1930. Peluncur roket Katyusha adalah rahasia negara dan hanya agen NKVD (polisi rahasia Uni Soviet) yang diizinkan untuk mengoperasikannya. Peluncur roket Katyusha dapat menembakkan 16-48 roket dalam sepuluh detik dan mampu mengenai sasaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini