Share

Cegat Pesawat Asing, TNI AU Kerahkan 2 Jet Tempur F-16 di Langit Sumatera

Riezky Maulana, iNews · Selasa 15 Maret 2022 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 337 2562029 cegat-pesawat-asing-tni-au-kerahkan-2-jet-tempur-f-16-di-langit-sumatera-GTr5bvbozl.jpg Jet tempur F-16 Fighting Falcon (Foto: Dok TNI AU)

JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan 2 unit pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon untuk memaksa turun atau "Force Down" pesawat asing di wilayah udara Sumatera, tepatnya di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin 14 Maret 2022. Pergerakan pesawat asing terpantau Radar Kosek I.

Menurut Kadis Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pnb Asri Efendi Rangkuti dari pantauan Radar Kosek I dilaporkan bahwa terdapat satu pesawat tak dikenal yang melanggar wilayah udara Riau. Sebab itu, dua jet tempur dikerahkan untuk mengidentifikasi.

"Sementara proses identifikasi berlangsung, seluruh unsur yang berada di Lanud Rsn pun diperintahkan untuk bersiaga penuh," ujar Effendi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga:  Top Gun Indonesia, Calon Penerbang Tempur Jet Rafale TNI AU Dilatih di Prancis

Karena tidak mengindahkan imbauan untuk keluar dari wilayah udara Riau, maka pesawat tempur Skadron Udara 16 dengan call sign “Rydder Flight” mendapatkan perintah untuk melaksanakan force down. Setelahnya, pilot tersebut dibawa ke RSAU dr Sukirman untuk dilakukan pengecekan kesehatan.

"Tim intelijen Lanud Rsn melakukan interogasi kepada pilot dari pesawat asing tersebut guna mendapatkan data dan informasi yang diperlukan," katanya.

Namun ternyata, kejadian tersebut hanya skenario dalam latihan “force Down” yang digelar oleh Lanud Rsn. Materi ini menjadi bagian dari Latihan Bido Gesit 2022 yang dilaksanakan sejak Senin 7 Maret hingga Jumat 18 Maret 2022.

"Bido Gesit 2022 ini merupakan latihan yang digelar satuan untuk menghadapi kontijensi yang mungkin terjadi, di mana latihan ini sendiri terbagi dalam dua tahap yaitu geladi Posko dan Manuver Lapangan," ucapnya.

Baca Juga:  Perang Rusia Ukraina Ternyata Berdampak kepada Mesin Tempur Mematikan TNI AU

Adapun tujuan latihan ini untuk menguji dan meningkatkan kemampuan serta kesiapan segenap unsur dalam jajaran Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin yang tergabung dalam Satgas Hanud, Satgas Tempur, Satgas Dukungan Tempur maupun Satgas Kopasgat dalam melaksanakan operasi udara dan dukungan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini