Share

Wapres: 35 Kabupaten dengan Kemiskinan Ekstrem Ditandai Tak Punya Akses Air Layak

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 14 Maret 2022 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 337 2561231 wapres-35-kabupaten-dengan-kemiskinan-ekstrem-ditandai-tak-punya-akses-air-layak-4zapv3rktH.jfif Wapres KH Ma'ruf Amin. (Dok Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan, air merupakan sumber kehidupan. Dia pun menyebutkan, sebanyak 35 kabupaten di Indonesia dengan kemiskinan ekstrem, ditandai dengan tidak memiliki akses air bersih yang layak.

“Dari 35 kabupaten di Indonesia dengan kemiskinan ekstrem, pada 2021 seluruhnya ditandai fakta adanya penduduk yang tidak memiliki akses air minum layak, angkanya berkisar antara 4,48% sampai 97,21%,” ucap Wapres saat membuka The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (14/3/2022).

Apalagi, kata Wapres, akses terhadap air bersih serta sanitasi yang layak juga menjadi faktor kunci penentu kualitas kesehatan seseorang. Kesehatan prima dan pendidikan berkualitas adalah prasyarat utama sumber daya manusia unggul yang saat ini juga menjadi prioritas pemerintah Indonesia.

“Bagi kita Indonesia menjadi masalah karena kita memang memerlukan air, (mengatasi) stunting juga perlu tersedianya air dan sanitasi. Kemudian juga ternyata penanggulangan kemiskinan, daerah-daerah miskin itu sangat kurang air dan juga sanitasi,” kata Wapres.

Ia menegaskan, ketersediaan air bersih menjadi kunci untuk membangun Sumber Daya Manusia yang unggul. “Begitu juga penyediaan itu, salah satu program kita membangun SDM unggul juga sangat terkait dengan kesehatan.”

“Dan kesehatan terkait dengan soal air. Jadi air itu sumber kehidupan. Dan juga sumber pembangunan ekonomi terutama pertanian. Oleh karena itu Indonesia, kita membangun berbagai Bendungan lebih dari 60 sudah dibangun Indonesia. Lebih dari 1000 embung dan masih akan terus (dibangun),” tutur Wapres.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini