Share

Jokowi Kemah di IKN Hari Ini, Persiapannya Sudah 100 Persen

Riezky Maulana, iNews · Minggu 13 Maret 2022 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 13 337 2560760 jokowi-kemah-di-ikn-hari-ini-persiapannya-sudah-100-persen-Djd0WcyazX.jpg Presiden Joko Widodo (Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Rencananya, Jokowi akan berkemah pada hari ini, Minggu 13 Maret hingga Senin 14 Maret 2022. 

Gubernur Kaltim, Isran Noor memastikan sarana dan prasarana sudah 100 persen siap. Hal itu mulai dari jaringan listrik, telekomunikasi, hingga tenda yang akan dipakai presiden menginap.

"Alhamdulillah, persiapan sudah dikerjakan, dan pada hari H nya nanti sudah 100 persen dan kemahnya sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan," ujar Isran dikutip dari Instagram resmi Pemprov Kaltim, Minggu (13/3/2022).

Baca Juga: Jokowi Kemah di IKN, Seluruh Gubernur Bawa Tanah dan Air saat Prosesi Pengisian Kendi Nusantara

Dia menuturkan, persiapan tersebut dapat rampung berkat kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, serta dibantu pihak TNI-Polri.

"Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo," katanya.

Isran menyebut dalam acara kemah itu akan diundang gubernur di seluruh Indonesia. Kendati demikian, hanya lima gubernur di Pulau Kalimantan yang ikut menginap bersama Presiden Jokowi.

Baca Juga: Polda Metro Siap Amankan Parade Jokowi dan Pembalap MotoGP di Jakarta

Lima gubernur yang dimaksud yaitu Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

"Karena ini Ibu Kota Negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi. Namun, rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan," ujarnya.

Isran menjelaskan, dalam acara nantinya Presiden Jokowi juga akan memberikan arahan kepada gubernur se-Indonesia. Selain itu, juga akan ada syukuran dan melakukan ritual adat istiadat untuk menyambut pembangunan IKN Nusantara.

"Ada ritual masing-masing gubernur membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing. Air tersebut nantinya akan dimasukkan dalam satu wadah yang sudah dipersiapkan panitia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini