Share

Viral 25 PMI Jadi Korban Human Trafficking, Hidup Terkatung-katung di Turki

Mohamad Chusna, Sindonews · Sabtu 12 Maret 2022 02:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 337 2560332 viral-25-pmi-jadi-korban-human-trafficking-hidup-terkatung-katung-di-turki-LscanLy6KJ.png 25 PMI jadi korban human trafficking di Turki. (Foto: Istimewa)

DENPASAR - Polda Bali menyelidiki laporan dugaan 25 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali yang kini terkatung-katung di Turki. Mereka diduga menjadi korban kejahatan human trafficking

"Korban melalui kuasa hukumnya sudah membuat laporan. Saat ini masih dilakukan penyelidikan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali Kombes Pol Surawan, Jumat (11/3/2022). 

Ke-25 pekerja migran asal Buleleng itu berangkat ke Turki November 2021 lalu. Setiap orang mengeluarkan biaya Rp25 juta yang dibayarkan kepada agen yang saat ini masih didalami polisi. 

Baca juga: Jadi Korban Perdagangan Manusia, 4 Gadis Sukabumi Dijual Muncikari ke Papua

Kecurigaan bermula saat mereka diberangkatkan dengan visa kunjungan wisata, bukan visa kerja. Sesampainya di Turki mereka tidak dipekerjakan sebagai house keeping sebagaimana perjanjian. 

Mereka juga tidak ditempatkan di apartemen untuk tempat tinggal, melainkan di sebuah mess. Di mess itu, mereka juga harus tidur bergantian karena terbatasnya jumlah tempat tidur. 

Hingga kini mereka masih berada di Turki. Mereka kemudian memposting video yang isinya minta segera dipulangkan ke Bali. Video itu sempat viral di sejumlah akun media sosial di Bali. 

Follow Berita Okezone di Google News

(qlh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini