Share

Gunung Merapi Erupsi, Ratusan Warga Desa Glagaharjo Mengungsi

Heru Trijoko, iNews · Kamis 10 Maret 2022 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 337 2559192 gunung-merapi-erupsi-ratusan-warga-desa-glagaharjo-mengungsi-NKIN2rEmq9.jpg Warga Desa Glagaharjo mengungsi imbas erupsi Gunung Merapi (Foto: Heru Trijoko)

SLEMAN - Paska erupsi Gunung Merapi yang memuntahkan awan panas sejauh 5 kilometer, ratusan warga Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta mengungsi pada Kamis (10/3/2022) dini hari tadi.

Mereka terpaksa mengungsi di barak balai desa setempat. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya erupsi susulan, mengingat aktivitas Gunung Merapi masih fluktuatif.

Baca Juga:  Semburan Awan Panas Gunung Merapi Capai 5 Kilometer

Sebanyak 193 orang warga Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta terpaksa mengungsi di barak balai desa setempat. Hal ini menyusul erupsi Gunung Merapi yang memuntahkan awan panas sejauh 5 kilometer ke arah tenggara.

Warga yang mengungsi terdiri dari kalangan lanjut usia (lansia), balita dan anak anak. Para warga itu mengungsi tersebut guna mengantisipasi terjadinya erupsi susulan, mengingat aktivitas Gunung Merapi masih fluktuatif.

Carik Desa Glagaharjo, Joko Purwanto mengatakan, telah menyiapkan kembali sarana prasarana di lokasi pengungsian jika sewaktu waktu dibutuhkan. Para pengungsi rencananya akan kembali pulang ke rumah mereka masing-masing jika Kamis pagi ini jika aktivitas vulkanik Gunung Merapi telah melandai.

Baca Juga:  Merapi Muntahkan Awan Panas, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

Sementara itu, sejak Rabu tengah malam hingga Kamis dini hari tadi tercatat ada 11 kali erupsi Gunung Merapi yang disertai awan panas guguran serta guguran lava pijar. Selain ke arah tenggara, awan panas juga terjadi ke arah barat daya.

Meski terjadi peningkatan aktivitas Gunung Merapi, namun hingga saat ini status Merapi masih bertahan di level tiga siaga.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini