Share

Semburan Awan Panas Gunung Merapi Capai 5 Kilometer

Heru Trijoko, iNews · Kamis 10 Maret 2022 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 337 2559166 muntahan-awan-panas-gunung-merapi-capai-5-kilometer-N5vOULdZjq.jpg Rekaman CCTV Gunung Merapi muntahkan awan panas guguran (Foto: Ist/Heru Trijoko)

SLEMAN - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, pada Rabu 9 Maret 2022 tengah malam hingga Kamis (10/3/2022) dini hari tadi mengalami erupsi.

Gunung Merapi memuntahkan awan panas sejauh 5 kilometer ke arah tenggara. Awan panas guguran dan guguran lava pijar ini sempat terjadi hingga berkali-kali

Baca Juga:  Merapi Muntahkan Awan Panas, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

Saat kubah lava di puncak Gunung Merapi luncurkan awan panas terekam di kamera pemantau CCTV milik Induk Freekom Yogyakarta.

Berdasarkan seismograf erupsi durasi maksimal 570 detik, amplitudo 75 milimeter dengan jarak luncur 5 Kilometer ke arah tenggara. Awan panas guguran ini terjadi berkali-kali mulai pukul 23.18 hingga 02.07 WIB.

Sementara itu, akibat terjadi erupsi dilaporkan terjadi hujan abu di beberapa desa yang ada di Kecamatan Dukun Magelang. Meski terjadi peningkatan aktivitas Gunung Merapi, namun hingga kini status Gunung Merapi masih berada pada status Siaga level tiga.

Baca Juga:  Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Guguran, Masyarakat Diimbau Waspada

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini