Share

Azyumardi Azra: Tugas Komisioner Komnas HAM ke Depan Lebih Berat

Inin Nastain, Koran SI · Rabu 09 Maret 2022 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 337 2558871 azyumardi-azra-tugas-komisioner-komnas-ham-ke-depan-lebih-berat-ceIuAWiEZQ.jpg Azyumardi Azra (Foto : Sindo)

JAKARTA - Anggota Pansel Komnas HAM Azyumardi Azra menegaskan butuh komisioner yang benar-benar memiliki keunggulan. Hal itu mengingat tantangan anggota Komnas HAM ke depan yang diprediksi akan semakin besar.

"Kalau bisa mendapatkan komisioner benar-benar unggulan. Tantangannya lebih berat ya, makin berat," kata Azyumardi Azra, Rabu (9/3/2022).

Saat ini, ia menilai kebebasan beraspirasi masyarakat mengalami penurunan. Ada banyak pemicu dari berkurangnya kebebasan berpendapat itu.

"Kebebasan beraspirasi semakin berkurang ya. Orang dikejar-kejar oleh beberpa UU, ITE, buzzer. Saya kira ini pelanggaran terhadap HAM. Kita berharap dalam konteks itu punya komisioner yang kemampuan khusus bidang itu," ujarnya.

"Di Wadas, atas nama pembangunan, orang digusur, digebuki. Yang oleh pejabat (dikatakan) sebetulnya enggak terjadi apa-apa di situ. Kalau ada yang digebuk, ada video, itu rekayasa. Jadi ini yang kita hadapi," lanjut dia.

Dengan sejumlah kasus yang terjadi, Azra kembali menegaskan butuh komisioner yang benar-benar siap berjuang.

"Siap berjuang untuk menangani masalah. Komnas ham harus lebih inklusif bisa masuk dengan berbagai sektor yang ada. Jangan Komnas HAM itu terpencil, yang asyik dengan dirinya sendiri," tuturnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini