Share

Menteri Tito Sebut e-Filing Solusi Pencegahan Korupsi Perpajakan

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 09 Maret 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 337 2558839 menteri-tito-sebut-e-filing-solusi-pencegahan-korupsi-perpajakan-N089UnVXZO.jpg Mendagri Tito Karnavian (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi Dirjen Pajak Kemenkeu yang membuat terobosan program e-Filing. Pasalnya, perogram tersebut menjadi solusi pencegahan korupsi dalam perpajakan.

"Terkait e-Failing, tatap muka antara masyarakat dengan petugas jauh lebih bisa diminimalisir dan ini sangat penting untuk program pencegahan korupsi. Salah satu moral hazard itu ketika terjadi pertemuan fisik dan itu akan berpotensi transaksional terkadang moral (hazard muncul), godaannya demikian," ujarnya pada wartawan, Rabu (9/3/2022).

Menurutnya, melalui e-Filing semua bisa dilakukan secara online, terdata, dan tercatat hingga berujung pada pengurangan potensi munculnya moral hazard tersebut yang mendorong terjadinya korupsi.

Karena itu, sistem e-Filing itu dinilai bermanfaat lantaran saat ini juga digitalisasi sudah sangat merata di kalangan masyarakat.

"Dia (masyarakat) diwajibkan bayar pajak, jangan dipersulit, berikan kemudahan, kalau dipersulit salah satunya membuat mereka jadi enggan membayar pajak. Jadi dengan dibuatkan sistem e-Filing, aplikasi-aplikasi yang mudah di akses oleh publik, maka kita bisa melakukan pembayaran pajak dengan online," katanya.

Dia menambahkan, diharapkan program digitalisasi tersebut juga bisa menjadi lebih maju mengingat data kependudukan 99 persen ada di Dukcapil Kemendagri. Maka, segala urusan verifikasi dan kroscek data penduduk melalui NIK pun bisa lebih mudah dan baik.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini