Share

Ketika Sunan Ampel Minta Dibuatkan Masjid Sederhana kepada Raja Majapahit

Aulia Oktavia Rengganis, Okezone · Rabu 09 Maret 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 337 2558444 ketika-sunan-ampel-minta-dibuatkan-masjid-sederhana-kepada-raja-majapahit-EJdOagHX6P.jpg Raden Rahmat atau Sunan Ampel (foto: dok Sindo)

TEMPAT khusus berbentuk asrama yang cukup luas di daerah Ampeldenta, Surabaya diberikan kepada Raden Rahmat atau Sunan Ampel oleh Prabu Brawijaya V, untuk mewujudkan rencana pendidikan moral.

Di asrama itulah Raden Rahmat akan menjalankan tugasnya, yakni menggembleng atau mengajar para pejabat serta putra-putri pejabat kaum bangsawan Majapahit.

BACA JUGA:4 Istri Raja Majapahit Raden Wijaya, Gayatri Perekrut Gajah Mada 

Sebelumnya, Prabu Wijaya telah mengundang para bikhu, panditha, dan brahmana namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

"Ngger, ketahuilah bahwa sebelum ini, sebenarnya aku telah mengundang para bikhu, pandhita, brahmana atau resi dari kalangan Agama Hindu-Budha, tetapi sayang hasilnya sia-sia belaka!" ujar Prabu Brawijaya terlihat prihatin.

 BACA JUGA:Saat Gajah Mada Menolak Diberi Jabatan Strategis di Kerajaan Majapahit

Dikutip dari buku "Brawijaya Moksa Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit". Ketika Raden Rahmat mendatangi lokasi asrama di Ampeldenta Surabaya, ia meminta dibuatkan suatu bangunan khas rumah ibadah dalam agama Islam, yakni sebuah masjid yang sederhana.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Nampaknya, Raden Rahmat terinspirasi dengan apa yang dilakukan Baginda Nabi Muhammad SAW. ketika mengadakan hijrah ke Madinah, yakni membangun masjid ketika pertama kali datang.

Raden Rahmat membuat asrama pendidikan menjadi semacam pesantren sebagai wahana proses belajar mengajar dan menggembleng para nayaka praja serta putra-putri kaum bangsawan Majapahit.

Sejak itu, Raden Rahmat mengajar para punggawa atau nayaka praja serta para putra-putri pejabat tinggi Majapahit di asrama pendidikan Ampeldenta Surabaya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini