Share

Viral Kolam Lele Lama Tak Dibersihkan Jadi Sarang Ular, Merinding Lihatnya!

Alyssa Nazira, Okezone · Senin 07 Maret 2022 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 337 2557383 viral-kolam-lele-lama-tak-dibersihkan-jadi-sarang-ular-merinding-lihatnya-X09BqHQ22L.jpg Kolam ikan lele dipenuhi ular (Foto: istimewa)

JAKARTA - Budidaya ikan lele merupakan kegiatan di mana orang memelihara ikan lele untuk kemudian dijual. Banyaknya masyarakat yang tertarik membudidayakan atau ternak ikan lele, dikarenakan ikan lele relatif lebih mudah untuk dibudidayakan di perairan dengan iklim hangat seperti di Indonesia.

Ikan lele juga dapat menjadi suplai makanan yang murah bagi pasar setempat. Karena itulah, ternak lele juga merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan.

Namun, kendati demikian, tak semua peternak lele sukses dan berhasil. Tak sedikit juga orang yang mengalami kegagalan dalam membudidayakan ikan lele.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi kegagalan, seperti biaya pakan yang membengkak, adanya serangan penyakit, kualitas benih lele yang buruk, dan kolam yang tidak sesuai.

Seperti yang terdapat dalam unggahan video TikTok pada akun @wongsepele8691, dalam video tersebut sang pemilik memperlihatkan kondisi kolam lele yang sudah lama tidak dibersihkan olehnya itu. Terlihat juga sosok lain yang menghuni kolam tersebut, namun bukan merupakan ikan lele.

Baca juga: Cerita Misteri Telaga Ranjeng di Brebes, Wisatawan Jangan Pernah Ambil Ikan Sembarangan

Video dengan caption "kolam lele yang lama ga dibersihin tau² pas dikuras udah tambah penghuninya mana besar² lagi" tersebut sudah ditonton sebanyak 17,3 juta kali.

Baca juga: 5 Khasiat Luar Biasa Ikan Lele untuk Kesehatan, Bisa Cegah Stroke Lho

Diduga akibat kondisi kolam yang tidak terawat, hal tersebut memancing ular-ular mendatangi kolam tersebut. Yang kemudian ikan lele yang seharusnya di budidayakan, malah menjadi santapan bagi ular-ular tersebut. Tak heran saat sang pemilik menguras kolam tersebut, terlihat beberapa ular yang ukurannya tidak kecil.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Banyak warganet yang ngeri melihat hal tersebut. "ya Allah uler nya sampe punya keluarga besar" tulis akun @dewiirmasari95.

"Untung gk ada yg nyelupin kaki dikolamnya, merinding," ujar akun @ketuageng__.

Oleh karena itu, kebersihan kolam harus selalu dijaga. Terutama bagi peternak lele yang menggunakan kolam tanah atau semen. Meskipun ikan lele dapat hidup di tempat yang kotor, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya hewan lain yang mendatangi kolam, jika kolam dibiarkan tidak terurus.

Baca juga: Tips Sukses Budidaya Ikan Anti Gagal

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini