Share

Mahfud MD Sebut Banyak Koruptor Pindahkan Aset ke Luar Negeri

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 04 Maret 2022 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 337 2556528 mahfud-md-sebut-banyak-koruptor-pindahkan-aset-ke-luar-negeri-uVZUjebDzD.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut masih banyak modus pemindahan aset ke luar negeri yang dilakukan para koruptor. Pernyataan itu berdasarkan data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Dia mengatakan, aset-aset tersebut hanya digunakan oleh para koruptor untuk kebutuhan komersil semata.

"Laporan PPATK menyebutkan masih banyak ditemukan modus pemindahan aset dari hasil korupsi ke luar negeri. Aset itu kemudian hanya diambil sesuai dengan kebutuhan komersial pelaku kejahatan sejarah pribadi," jelas Mahfud dalam webinar KPK, Jumat (4/3/2022).

Menurut Mahfud, masalah tersebut seharusnya dapat dengan segera diatasi, mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Oleh karena itu, Forum G20, dapat dijadikan sebagai momentum pembahasan serius masalah tersebut.

"Harus ditindaklanjuti secara nasional, regional, ataupun melalui forum internasional seperti G20 ini. Upaya tersebut diharapkan dapat mendeteksi modus-modus penyembunyian aset," ungkapnya.

Dia berharap, dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah G20 dapat memberikan motivasi lebih dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Mudah-mudahan G20 yang Indonesia menjadi ketuanya selama setahun ini bisa memotivasi kita dan meningkatkan prestasi kita di dalam memberantas korupsi," ungkapnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini