Share

Isra Miraj Jadi Momen Tingkatkan Silaturahmi dan Literasi

Inin Nastain, Koran SI · Jum'at 04 Maret 2022 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 337 2556520 isra-miraj-jadi-momen-tingkatkan-silaturahmi-dan-literasi-W6Vvf26gRd.jpg Andy Hadiyanto (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Peringatan Isra Miraj menjadi momen untuk lebih mempererat tali silaturahmi. Pasalnya, dalam momen Isra Miraj, terdapat nilai-nilai yang mengajarkan tali silaturahmi

Kepala Pusat Pendidikan Karakter UNJ, Andy Hadiyanto mengatakan, Isra Miraj mengajarkan kepada manusia terkait pentingnya silaturahmi. Dijelaskannya, silaturahmi itu tidak hanya antar manusia saja, melainkan dengan semua makhluk hidup.

“Isra Miraj ini mengajarkan silaturahmi antara generasi, umat manusia, ciptaan Allah. Karena sesungguhnya kita ini diciptakan bersaudara sebagai sesama hamba allah,” kata Andy dalam dalam Webinar Partai Perindo dengan tema Isra Miraj dan Pembangunan Karakter Bangsa, Jumat(4/3/2022).

Ketika silaturahmi sudah terjalin dengan baik, jelas dia, akan bisa menciptakan kedamaian antar manusia. Dengan silaturahmi, akan mampu meminimalisir konflik antar golongan.

“Kalau kita mau untuk mengedepankan prinsip silaturahmi, kita bisa meminimalisir konflik. Tanpa konflik, membangun peradaban itu lebih mudah. Bagaimana kita membangun sains dan teknologi. Dengan mengedepankan Silaturahmi, harapannya peradaban semakin maju,” jelas dia.

Baca juga: Isra Mi'raj, Rektor Unusia Nilai Memiliki Pesan tentang Pembangunan SDM

Dalam isra mi'raj juga mengandung nilai-nilai literasi. Ketika silaturahmi dan literasi sudah tertanam pada setiap golongan, jelas dia, kemaslahatan akan terbuka lebar bisa diwujudkan.

“Bagaimana kita selaku umat islam, hamba allah, selaku warga bangsa harus memiliki kemampuan membaca semua hal dengan baik. Proses pembacaan itu dilakukan secara mendalam, berbagai perspektif. Dengan penuh kesabaran,” jelas dia.

Baca juga: Ketika Nabi Pilih Susu Dibanding Khamr saat Isra Miraj, Malaikat Jibril Ungkap Alasannya

“Sehingga melahirkan produk-produk yang justru memberikan kemaslahatan bagi umat manusia. Bukan bersikap secara reaktif, tetapi justru dengan literasi,” lanjut Andy.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini