Share

Perang Rusia Ukraina Ternyata Berdampak kepada Mesin Tempur Mematikan TNI AU

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 04 Maret 2022 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 337 2556209 perang-rusia-ukraina-ternyata-berdampak-kepada-mesin-tempur-mematikan-tni-au-K3NUO53Byr.jpg Sukhoi/ Theaviationist

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengakui adanya dampak yang terjadi akibat perang Rusia Ukraina terhadap alutsista TNI AU.

 (Baca juga: Pilot Jet Tempur Rafale TNI AU Disiapkan, Calon Penerbangnya Bukan Sembarangan)

Menurut dia, pemberian sanksi dari negara barat terhadap Rusia sedikit memengaruhi perawatan mesin tempur dan suku cadang milik TNI AU.

"Yang terjadi Ukraina ini kita terus mencermati perkembangan keadaan di sana. Tentunya sedikit banyak akan memengaruhi, tidak saja peralatan yang berasal dari sana, saya rasa seluruh dunia sedang mencermati, sedikit banyak pasti ada perubahan-perubahan," ucap KSAU di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (4/3/2022).

 (Baca juga: Pratu Heriyanto Korban Penembakan KKB Teroris Ternyata Pasukan Elite Berkualifikasi Raider)

Namun pihaknya bisa sedikit bernapas lega lantaran perawatan pesawat diproyeksikan dalam jangka waktu yang panjang. Sebelum konflik kedua negara memanas, TNI AU, kata Fadjar telah membelinya terlebih dulu.

"Di dalam hal perawatan pesawat, ini kita lakukan tidak jangka pendek. Jadi beberapa suku cadang sudah kita beli dari beberapa waktu yang lalu," jelasnya.

Sekadar informasi, Sekutu Barat setuju untuk mengeluarkan Rusia dari sistem pembayaran global Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT). 

SWIFT merupakan merupakan sistem pesan aman yang memfasilitasi pembayaran lintas batas yang cepat, membuat arus perdagangan internasional lancar.

Bank yang terhubung ke sistem SWIFT dan menjalin hubungan dengan bank lain dapat menggunakan pesan SWIFT untuk melakukan pembayaran. Sanksi tersebut termasuk membatasi kemampuan bank sentral Rusia untuk mendukung rubel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini