Share

4 WNI Masih Tertahan di Kota Lyviv Ukraina, Menlu Ungkap Perjuangan Berat Hindari Daerah Perang

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 03 Maret 2022 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 337 2555934 4-wni-masih-tertahan-di-kota-lyviv-ukraina-menlu-ungkap-perjuangan-berat-hindari-daerah-perang-5IPm4LnIbb.jpg Puluhan WNI tiba di Bandara Soetta dalam proses evakuasi dari Ukraina. (Foto: Isty Maulida)

TANGERANG - Rombongan WNI dari Ukraina yang terdiri dari 80 WNI dan 3 WNA berhasil tiba di Indonesia pada Kamis (3/3/2022) melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Meski demikian, masih ada 4 WNI yang berada di Ukraina, sedangkan 14 WNI telah berada di Bukares, Romania.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, 4 WNI itu sebelumnya berada di Kota Karkiev dan berhasil tiba di Kota Lyviv, Ukraina. Pertempuran antara Rusia dan Ukraina diketahui masih terjadi di Karikiev.

Baca juga:  Dievakuasi dari Ukraina, 83 WNI Tiba di Indonesia

"Hari ini terdapat 4 WNI di Karkiev sudah dapat keluar dari Karkiev dan tiba di Lyviv dengan selamat," ungkap Retno, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (3/3/2022).

Retno menambahkan bahwa para WNI itu keluar dari Kota Karkiev melalui perjalanan yang tidak mudah. Mereka harus melalui berbagai proses pemeriksaan di tengah jam malam yang sangat ketat. Mereka juga harus melanjutkan perjalanan ke Romania dengan menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 12 jam. 

"Mereka akan dibawa ke Polandia untuk tes kesehatan. Kami akan terus berupaya melakukan evakuasi," katanya.

Sementara itu, untuk 14 WNI yang masih berada di Bukares, Romania akan segera dipulangkan begitu keadaan memungkinkan. 12 WNI di antaranya dinyatakan positif Covid-19, sementara 2 lainnya memilih menetap untuk menemani keluarganya yang positif Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini