Share

Ditjenpas: Angelina Sondakh Akan Bebas Besok

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 02 Maret 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 337 2555300 ditjenpas-angelina-sondakh-akan-bebas-besok-qcB7H3vNrg.jpg Angelina Sondakh bebas besok (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Politikus sekaligus artis Angelina Sondakh bakal dikeluarkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Jakarta di Pondok Bambu, Jakarta Timur, pada Kamis, 3 Maret 2022, besok. Pemilik nama asli Angelina Patricia Pinkan Sondakh tersebut dinyatakan bebas setelah menjalani hukuman selama 10 tahun penjara.

"Bahwa pada tanggal 3 Maret 2022, Angelina Sondakh akan dikeluarkan dari Lapas Perempuan Jakarta untuk mulai menjalankan program CMB sebagai klien Pemasyarakatan, dengan bimbingan lanjutan Balai Pemasyarakatan Jakarta Selatan selama 3 bulan," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham, Rika Aprianti melalui pesan singkatnya, Rabu (2/3/2022).

Rika memastikan, Angelina Sondakh akan dikeluarkan dari Lapas Perempuan Jakarta dengan protap protokol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. "Proses pengeluaran Angelina Sondakh akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan," jelas  Rika.

Sekadar informasi, Angelina Sondakh bakal dibebaskan dari penjara setelah dinyatakan memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk diberikan program Cuti Menjelang Bebas (CMB). Program CMB itu berupa remisi atau pengurangan hukuman paling lama tiga bulan.

Baca juga: Angelina Sondakh Segera Bebas Usai Dipenjara Sejak 2012

Seharusnya Angelina bisa bebas lebih awal pada Oktober 2021 karena mendapat CMB. Sayangnya, ia tidak bisa membayar sisa uang pengganti sekira Rp4,5 miliar. Oleh karenanya, sisa uang pengganti itu diganti dengan hukuman empat bulan penjara.

Baca juga: Jelang Bebas, Angelina Sondakh Akui Sulit Tidur

"Karena yang bersangkutan tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp4.538.027.278,- subsider 4 bulan 5 hari penjara, maka waktu CMB Angelina Sondakh jatuh pada bulan Maret 2022," kata Rika.

Mantan Puteri Indonesia 2001 tersebut diketahui mulai menjalani pidana penjara sejak 27 April 2012. Ia dipenjara lantaran terbukti bersalah turut serta melakukan tindak pidana korupsi terkait pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet di Palembang.

Angelina kemudian divonis hukuman pidana selama 10 tahun penjara berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI No. 107PK/Pid.Sus/2015. Mantan Anggota DPR RI tersebut juga dijatuhi pidana denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan. Denda tersebut telah lunas dibayar.

Tak hanya itu, Hakim Mahkamah Agung juga menjatuhkan pidana tambahan kepada Angelina berupa kewajiban untuk membayar uang pengganti Rp2,5 miliar dan 1,2 juta dolar AS subsider satu tahun penjara. Namun, Angelina baru membayarkan uang pengganti sebesar Rp8,8 miliar dan masih kurang Rp4,5 miliar.

Baca juga: Segera Bebas, Angelina Sondakh Kapok Terjun Ke Politik

Oleh karenanya, sisa kekurangan bayar uang pengganti tersebut diganti dengan pidana penjara selama empat bulan lima hari. Angelina tercatat juga mendapatkan remisi dasawarsa sebanyak tiga bulan selama menjalani hukuman penjara.

Baca juga: PERISKOP 2022: Anas Urbaningrum dan Angelina Sondakh Bebas Tahun Ini

Remisi dasawarsa merupakan remisi yang diberikan pada setiap 10 tahun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal itu sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor W.10-2598.PK.01.01.02 Tahun 2015 Tanggal 14 Agustus 2015.

"Bahwa selama menjalani CMB, Angelina Sondakh wajib mengikuti pembimbingan yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan," imbuh Rika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini