Share

Menko PMK: Puncak Bonus Demografi Indonesia Diperkirakan 2030

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 02 Maret 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 337 2555218 menko-pmk-puncak-bonus-demografi-indonesia-diperkirakan-2030-0VRM5GNtLk.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto : MPI/Istimewa)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan sejak 2012 Indonesia telah mengalami bonus demografi. Diperkirakan, puncaknya akan terjadi pada 2030.

“Kita ini sebetulnya sekarang sedang berada di dalam proses bonus demografi sejak tahun 2012. Dan puncaknya itu kita perkirakan tahun 2030, sekitar tahun 2030,” kata Muhadjir saat Webinar Nasional secara virtual dari Youtube Kemenko PMK, Rabu (2/3/2022).

Setelah tahun 2030 ini, kata Muhadjir, secara perlahan Indonesia akan meninggalkan era bonus demografi menuju era aging population.

“Nanti tahun 2030, akan secara pelan akan meninggalkan era bonus demografi dan akan menuju ke era aging population yaitu populasi yang berpenduduk tua,” imbuhnya.

Karena itu, kata Muhadjir, saat ini harus memanfaatkan momentum bonus demografi ini sebaik-baiknya.

“Jangan sampai gagal memanfaatkan bonus demografi. Artinya penduduk usia produktif ini harus betul-betul produktif, punya pekerjaan yang menghasilkan, dan yang penghasilannya cukup besar baik untuk dirinya sendiri, untuk mereka yang tidak bekerja yaitu yang tidak tidak bekerja dan sisanya bisa dipakai untuk menabung yang bisa dijadikan investasi nasional,” tuturnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sehingga, jika momentum bonus demografi ini bisa berjalan mulus maka di tahun 2045 Indonesia akan menjadi negara dengan berpenghasilan menengah ke atas, artinya Indonesia akan menjadi negara maju.

“Dan kalau itu berjalan mulus, Insya Allah kita akan tahun 2045 atau tahun emas kita akan menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas paling tidak dan itu berarti kita akan menjadi negara maju seperti tagline kita sekarang adalah Menuju Indonesia Maju,” kata Muhadjir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini