Share

Angela Tanoesoedibjo: Kunci Utama Pemulihan Pembangunan Pariwisata pada Kuantitas & Kualitas SDM

Tim Okezone, Okezone · Rabu 02 Maret 2022 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 337 2554991 angela-tanoesoedibjo-kunci-utama-pemulihan-pembangunan-pariwisata-pada-kuantitas-kualitas-sdm-Ny5yAU019E.jpg Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Foto : Kemenparekraf)

JAKARTA -- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo berharap pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) 2022 dapat menghasilkan dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Angela Tanoesoedibjo dalam sambutannya saat Grand Launching SBMPTNP 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) pada Selasa (3/1/2022).

Menurut Angela, sektor pariwisata adalah sektor yang sangat strategis untuk digeluti di negeri tercinta ini, karena kaya keindahan alam, flora fauna, budaya dan sejarah yang merupakan aset terkuat dari kepariwisataan.

"Keinginan orang untuk berwisata tidak akan ada habisnya, hanya saja saat ini sedang tertunda, karena pandemi," ujar Angela.

Namun, kata Angela, pandemi bukan alasan bagi kita untuk berhenti mengembangkan sektor pariwisata dannjustru menjadi tantangan kita bersama untuk semakin beradaptasi, berinovasi, berkolaborasi, sehingga kita bisa semakin menghasilkan pariwisata Indonesia yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

"Salah satu kunci utama untuk mewujudkan pemulihan pembangunan pariwisata di Indonesia terletak pada kuantitas dan kualitas sumber daya manusianya," ungkap Angela.

Bagaimana pun juga, kata Angela yang juga Ketua DPP Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital & Kreatif, bisnis pariwisata adalah bisnis experience atau bisnis pengalaman yang sangat membutuhkan keterampilan dan inovasi dari setiap individu yang terlibat.

"Oleh karena itu, saya berpesan kepada Poltek para PTNP [Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata] Kemenparekraf agar terus berkembang mengikuti perubahan zaman," ujar Angela.

Bahkan, dapat mengantisipasi perkembangan industri ke depannya dalam kurikulum maupun tata kelola instansi, sehingga bisa mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

Angela juga berpesan kepada seluruh pimpinan dan panitia PTNP agar pelaksanaan SBMPTNP 2022 dilakukan secara terintegrasi, serempak dan masif guna menjaring calon mahasiswa yang berkualitas.

"Lakukan promosi di berbagai media platform secara efisien dan efektif. Ajaklah seluruh civitas PTNP menjadi juru promosi dan komunikasi yang baik untuk meningkatkan antusiasme pendaftar dari berbagai pelosok negeri," kata Angela.

Jangan lupa, Angela menegaskan PTNP Kemenparekraf hadir untuk Indonesia agar putra-putri terbaik daerah bisa memperoleh akses untuk bisa mengenyam pendidikan pariwisata.

"Semoga sukses dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata 2022 dan semoga calon mahasiswa yang akan dididik bisa menjadi aktor penting dalam kemajuan pariwisata Indonesia yang resiliensi, berkualitas dan berkelanjutan," imbuh Angela.

Dengan peluncuran tersebut, Kemenparekraf resmi membuka SBMPTNP 2022.

Adapun, 6 SBMPTNP yang berada di lingkungan Kemenparekraf merupakan pendaftaran serta seleksi bersama dan terintegrasi antara Politeknik Pariwisata Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini