Share

Bamsoet: Perang Ukraina Harus Jadi Pelajaran Cara Eskalasi Konflik dengan Cepat

Riezky Maulana, iNews · Selasa 01 Maret 2022 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 337 2554811 bamsoet-perang-ukraina-harus-jadi-pelajaran-cara-eskalasi-konflik-dengan-cepat-pDcUr7oBFu.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet berharap aparat TNI-Polri mampu mempelajari dinamika dari konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Sebab, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kejadian tersebut.

Pernyataan ini disampaikan pria yang akrab disapa Bamsoet itu saat memberikan pembekalan kepada 168 peserta Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (1/3/2022).

"Perang Ukraina harus dijadikan pembelajaran tentang bagaimana eskalasi konflik bisa secara cepat meningkat menjadi perang terbuka," tutur Bamsoet.

Dia mengatakan, TNI-Polri juga harus bisa mempelajari mengapa upaya diplomasi antara kedua negara berlangsung alot. Selain itu, kajian terkait upaya mencegah perang juga harus dilakukan.

"Kita harus mencermati mengapa upaya-upaya diplomasi gagal mencegah perang. Kita harus melakukan kajian strategis, mengapa strategi penagkalan itu juga gagal mencegah perang," ucapnya.

Akibat dari perang itu, para aparat keamanan juga diminta melakukan kajian bagaimana sistem perang yang ada saat ini. Hal itu bertujuan agar mengetahui apakah taktik yang dimiliki Indonesia masih relevan dengan perkembangan zaman atau tidak.

"Kita harus mengkaji perubahan taktik dan teknologi tempur yang digunakan untuk memastikan gelar kekuatan kita itu tetap relevan dengan dinamika teknologi persenjataan terkini," ungkapnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini