Share

6 Pemimpin Diktator "Kejam" dalam Sejarah

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 28 Februari 2022 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 337 2553834 6-pemimpin-diktator-kejam-dalam-sejarah-2E9MrJCme7.jpg Adolf Hitler. (Reuters)

JIKA mendengar kata diktator, kita akan menafsirkannya sebagai seorang pemimpin yang menggunakan kekuasaannya dengan cara sewenang-wenang dan meresahkan rakyatnya. Negara di bawah naungan seorang diktator akan mengalami pendiskriminasian dan pelanggaran hak asasi manusia. Bahkan tak jarang para pemimpin ini dikenal sejarah sebagai diktator terseram yang pernah ada. Disadur dari berbagai sumber, berikut adalah daftarnya.

1. Mao Zedong (1893 – 1976)

Di balik jasa sang pemimpin dalam mendirikan Republik Rakyat China, Mao membantai setidaknya 50 juta nyawa rakyatnya. Dia menerapkan program yang diberi nama “Lompat Jauh ke Depan” yang menyebabkan kematian 20 juta orang akibat kelaparan. Selain itu, dia juga menerapkan kebijakan Revolusi Kebudayaan dengan tujuan “memurnikan” sosialisme China. Mao mengeksekusi siapa pun yang berani menentang ideologi komusimenya.

2. Adolf Hitler (1889 – 1945)

Siapa yang tidak mengenal Adolf Hitler? Dalang dari pecahnya Perang Dunia II dan pemimpin Nazi Jerman ini terkenal akan kekejamannya. Selama kepemimpinannya, Hitler telah menewaskan secara brutal 17 juta orang. Hitler mengeksekusi orang Yahudi yang dianggap biang keladi pemberontakan komunis. Bahkan, jika ada yang menentang, Hitler tidak akan segan menyiksanya di dalam sebuah kamar gas beracun.

3. Saddam Hussein (1937 – 2006)

Mantan Presiden Irak Saddam Hussein menjalani hukuman mati dengan cara digantung pada 2006 lalu. Hal ini bukan tanpa alasan. Selama 69 tahun memimpin, dia telah mengomandoi berbagai penyiksaan dan genosida terhadap para pemberontak, menewaskan sekitar 2 juta orang. Tidak hanya diktator, Saddam Hussein juga memantik konflik politik antara Iran dan Irak selama bertahun-tahun. Pada September 1980, dia memerintahkan penyerangan pada wilayah Khuzestan di Iran.

4. Idi Amin Dada (1923 – 1928)

Presiden Uganda ini bukan hanya kejam, tapi juga gila. Idi Amin memiliki tendensi untuk membunuh dan memutilasi korbannya, termasuk alat kelamin dan menguras darahnya. Bahkan, Idi Amin juga memakan daging manusia tersebut. Diperkirakan 300.000 orang telah dibantai selama masa kepemimpinannya. Pemerintahannya berhasil digulingkan pada 1979. Idi Amin melarikan diri ke Libya, lalu meninggal pada tahun 2003. Dendam dengan sang pemimpin, masyarakat Uganda menolak Idi Amin dimakamkan di kampung halamannya di Uganda. Akhirnya, dia pun dimakamkan di Jeddah.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

5. Kim Il-Sung (1912 – 1994)

Sebelum Korea Utara dicengkeram oleh Kim Jong-un, presiden pertama mereka sudah lebih dulu menerapkan konsep diktatorisme. Selama kepemimpinannya, sejarah menyebut Kim Il-sung telah menewaskan sekitar 3 juta orang. Dia membunuh semua lawannya yang bertempur dalam Perang Korea, menangkap setidaknya 200 ribu tahanan politik, dan mengeksekusi mereka.

6. Soeharto (1967 – 1998)

Kerusuhan Mei 1998 menjadi saksi bagaimana masyarakat Indonesia mati-matian menggulingkan pemerintahan Presiden Soeharto. Selama 31 tahun memimpin, Soeharto telah mengomandoi penyiksaan dan pembantaian pada siapa pun yang dianggap memiliki paham ideologi komunisme. Menurut temuan, hampir setengah juta orang Indonesia telah menjadi korban atas program “pemberantasan komunisme” tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini